Bupati Pacitan Umumkan Dua Lagi Pasien Positif Corona, Total Jadi 4

oleh -0 Dilihat
Indartato saat konferensi pers pasien corona, Selasa (28/4/2020) malam. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan satuan gugus tugas (satgas) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan Indartato mengumumkan dua warga Pacitan terserang virus corona. Dengan begitu, sejauh ini ada total empat warga setempat terjangkiti virus yang berasal dari Tiongkok itu.

Pengumuman pasien positif COVID-19 03 dan 04 ini disampaikan oleh pria yang juga Bupati Pacitan tersebut pada Selasa (28/4/2020) Pacitan di Halaman Wingking (Halking) Pendopo Kabupaten Pacitan dengan didampingi unsur Forkopimda setempat.

Kedua pasien positif COVID-19 tersebut, berasal dari klaster Sukolilo. Mereka menyusul dua pasien positif COVID-19 lainnya, yang lebih dulu menjalani masa isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan.

Dua pasien positif COVID-19 yang baru itu, sudah berusia lanjut. Keduanya diduga kuat ada kontak erat dengan pasien positif COVID-19 yang pertama. Hanya saja, atas pertimbangan psikologis dan usia yang sudah senja, keduanya saat masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), menjalani masa karantina di kediamannya di kawasan Kecamatan Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato, mengatakan, agar masyarakat lebih waspada, dalam menyikapi sebaran COVID-19  tersebut. Apalagi jumlah PDP dan pasien positif cenderung ada penambahan. “Kami tegaskan yang positif, harus menjalani karantina di rumah sakit,” tegas Indartato.

Menurut Bupati Indartato, saat ini pihak rumah sakit sudah menyediakan enam kamar isolasi. Yang masih penyempurnaan ada tujuh kamar. “Total ada 13 kamar yang disediakan sebagai ruang isolasi pasien positif COVID-19,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Indartato mengajak kesemua masyarakat agar lebih mengedepankan protokol kesehatan, agar pandemi global COVID-19  tidak berkembang.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, tokoh masyarakat, anggota TNI/Polri dan semua relawan yang selama ini telah berupaya maksimal melakukan antisipasi penyebaran coronavirus,” pungkasnya.

Baca juga: OTG Naik Status, Bupati Pacitan Umumkan Kasus Positif COVID-19 Jadi 2 Orang

Selain kasus positif ke-4 tersebut, berdasarkan data yang diperoleh Pacitanku.com dari laman covid19.pacitankab.go.id, Satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 18.740 orang per Selasa (28/4/2020).

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 18.202 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR). Dari total ODR tersebut, sebanyak 4.652 masih dipantau dan 13.550 sudah selesai dipantau.

Baca juga: Pacitan Umumkan Pasien Pertama Positif COVID-19

Kemudian sebanyak 524 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dimana total ODP selesai dipantau 487 orang dan dipantau 37 orang. Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 10 orang dengan rincian 5 PDP masih dipantau, 1 PDP meninggal dunia dan 4 PDP selesai dipantau.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Konferensi Pers Bupati Indartato, Selasa (28/4/2020)

No More Posts Available.

No more pages to load.