PDP Asal Pacitan Meninggal di Yogyakarta

oleh -13972 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Satu pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kecamatan/Kabupaten Pacitan, meninggal dunia saat menjalani perawatan di rumah sakit dr Sardjito, Yogyakarta.

Juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki, usia sekitar 66 tahun.

“Diinformasikan oleh Rumah Sakit dr Sardjito, bahwa hari ini pukul 06.00 WIB telah meninggal dunia  warga Kecamatan Pacitan dengan diagnosa cirosis hepatitis c dan b,” kata Rachmad, Jumat (24/4).

Menurut Rachmad, pasien tersebut termasuk PDP dari Pacitan meskipun hasil rapid test negatif. Dan swab 1 belum keluar hasilnya. Demikian juga untuk swab kedua  belum dilakukan.

Oleh sebab itu, karena saat ini lagi pandemi covid 19, maka penanganan jenazah dilakukan secara protokol kesehatan. Hal tersebut guna menghindari adanya penularan virus SARS-CoV-2.

“Penanganan pemakaman juga dilaksanakan secara protokol kesehatan. Rencana akan dimakamkan di pemakaman umum Kecamatan Pacitan,” jelasnya.

Menurut informasi yang dia terima, jenazah  diperkirakan akan tiba di Pacitan sekitar pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.  Diharapkan masyarakat Pacitan tidak perlu resah terhadap prosesi pemakaman jenazah tersebut.

Ini semua dilakukan dalam rangka pencegahan penularan covid-19.

“Diharapakan partisipasi masyarakat untuk tetap beraktifitas di rumah atau stay at home, tidak keluar rumah bila tidak penting dan wajib mengenakan masker ketika keluar rumah dan berinteraksi sosial,” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan