Cegah COVID-19, Masyarakat Pacitan Lakukan Disinfeksi Mandiri

oleh -13219 views
Pada Sabtu (28/3/2020), warga di dua lingkungan tersebut melakukan disinfeksi dengan cara penyemprotan cairan disinfektan. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah masyarakat di wilayah Pacitan melakukan pencegahan dini secara mandiri sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap coronavirus disease 2019 (COVID-19). Seperti dilakukan oleh sejumlah amsyarakat Blumbang Kelurahan Ploso, Pacitan dan masyarakat Desa Sirnoboyo, Pacitan.

Pada Sabtu (28/3/2020), warga di dua lingkungan tersebut melakukan disinfeksi dengan cara penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah titik di lingkungan setempat.

“Tim Siaga COVID-19 Lingkungan Blumbang Kelurahan Ploso mengadakan kegiatan Disinfeksi COVID-19 di wilayah lingkungan Blumbang, kegiatan ini merupakan inisiatif warga masyarakat setempat untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 , adapun yang personel yang dilibatkan ada 18 orang,”kata Hanung, salah satu warga Blumbang saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Baca juga: Sejumlah Parpol di Pacitan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah COVID-19

Hanung berharap, dengan kegiatan disinfeksi mandiri tersebut, dapat mencegah masuknya wabah covid-19 di daerahnya.

Sementara, di lingkungan RT 05, Dusun Krajan, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan juga melakukan hal serupa mencegah wabah COVID-19.

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan disinfeksi di lingkungan kami, melibatkan seluruh warga, adapun sasaran disinfeksi ialah rumah warga, pos kamling, masjid, dan tempat kumpul, selain Masjid, penyemprotan juga dilakukan di beberapa rumah warga dan pos kamlin,”kata Sutopo, salah satu warga Krajan, Sirnoboyo.

Baca juga: Alun-alun Pacitan Hingga Taman Bugar Disemprot Disinfektan

Sutopo berharap, dengan kegiatan disinfeksi yang dilakukan tersebut dapat menghindarkan dari masuknya wabah COVID-19 di lingkungannya.

“Semoga kegiatan ini dapat di laksanakan 2-3 kali lagi secara menyambung dan wabah COVID-19 tidak mewabah dilingkungan kita,”pungkasnya.

Selain secara mandiri, kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan oleh satuan gugus tugas (Satgas) COVID-19 di sejumlah titik sejak Kamis (26/3/2020) lalu.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan