Partai Demokrat Diprediksi akan Menghadapi Rival Berat di Pilbup Pacitan 2020

oleh -13489 views
Ikon Pilbup Pacitan 2020

Pacitanku.com, PACITAN – Partai Demokrat Pacitan, harus bersiap untuk menghadapi lawan tangguh di pagelaran Pilbup serentak tahun 2020 ini. Hal itu seiring mundurnya satu bakal calon bupati, yaitu Gagarin dari proses penjaringan di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Pacitan, Jumat (27/3) kemarin.

Perlu diketahui, politikus Partai Golkar itu, awalnya mengambil formulir pendaftaran calon ke tim penjaringan DPC PD. Namun diujung waktu pengembalian, Jumat kemarin, Gagarin tak menampakkan batang hidungnya. Bahkan hingga pendaftaran ditutup tepat pukul 16.00 Wib, pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Pacitan tersebut, tetap tidak hadir untuk mengembalikan formulir pendaftaran.

Salah seorang pengamat politik Pacitan, Achmad Sunhaji mengatakan, langkah Gagarin tidak menyetor kembali formulir pendaftaran, memang cukup fenomenal. Ini mengindikasikan, kalau dia akan menjadi rival berat bagi pasangan calon yang akan diusung Partai Demokrat nantinya.

“Karena itu, Demokrat jangan sampai salah pilih calon. Sebab rival beratnya sudah siap untuk berkompetisi,” jelasnya.

Menurut mantan politikus Partai Golkar ini, Gagarin telah menunjukkan loyalitas terhadap partai tempatnya bernaung selama ini. Artinya, bahwa Gagarin hampir bisa dipastikan akan berangkat dengan berkendara Partai Golkar dan gabungan parpol lainnya.

“Bisa jadi PDIP, PKB dan parpol lain akan berkoalisi untuk menghadang pasangan calon dari Demokrat. Ini kekuatan politik yang tidak bisa disepelekan,” kata Sunhaji, memberikan prediksi.

Bahkan, bisa jadi kekuatan pusat akan dikerahkan untuk menyapu bersih rivalitasnya nanti. Sebab, lanjut Sunhaji, semua parpol juga punya kepentingan kedepan. Utamanya suksesi Pileg dan Pilpres 2024.

“Jadi tidak hanya sekedar suksesi Pilbup. Tapi ada kepentingan yang lebih besar, yakni Pileg dan Pilpres. Karena itulah, mereka sudah membangun kekuatan dari sekarang untuk menghadang kekuatan parpol yang selama ini dinilai punya magnet elektroral besar di Pacitan,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo

Editor: Dwi Purnawan