Begini Cara Bawaslu Pacitan Awasi Pemilu 2024 Secara Rinci dan Akurat

oleh -182 Dilihat
Koordinator bidang Sumberdaya Manusia dan Organisasi Bawaslu Pacitan, Agus Hariyanto. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Selesainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) di Pacitan pasca rekapitulasi tingkat kabupaten mendapat sejumlah apresiasi. Hal tersebut juga pada apresiasi Bawaslu Pacitan sebagai pihak yang mengawasi jalannya pemilu.

Bawaslu Pacitan secara rinci dan detil mengawasi setiap suara, ternyata ada kerja tim dan paduan kinerja teknologi informasi yang dibangun khusus untuk Pemilu 2024.

Dalam proses penghitungan surat suara, dipastikan tak ada surat suara tercecer ataupun kesalahan penghitungan  dalam tahapan ini.

Baca juga: Dinilai Teliti dan Cermat Awasi Pemilu, Seorang Saksi Parpol Apresiasi Bawaslu Pacitan

Hal tersebut rupanya sudah diantisipasi Bawaslu Pacitan dengan membangun aplikasi berbasis teknologi informasi guna mengawasi proses penghitungan surat suara.

Koordinator divisi pencegahan, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat Bawaslu Pacitan, Agus Hariyanto, selaku PIC pengawasan rekapitulasi surat suara mengatakan, bahwa perlu kerja yang sistematis dan simultan guna mengawasi proses rekapitulasi surat suara.

“Kami merancang suatu sistem pengawasan yang terstruktur, sistematis dan simultan untuk proses pengawasan penghitungan surat suara di pemilihan umum 2024 ini,”katanya, Senin (4/3/2024).

Lebih lanjut ia menerangkan, bahwa proses aplikasi internal Bawaslu Pacitan terkait pengawasan  surat suara tersebut untuk memastikan jumlah surat suara di masing-masing TPS harus sesuai.

“Aplikasi internal kami ini sifatnya merinci secara detail jumlah suara di masing – masing TPS, jadi ini sebagai pegangan kami, sekaligus sebagai komparasi atau perbandingan dengan sirekap dan tentunya mengacu pada Model C sebagai Berita Acara Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS,”jelasnya.

Aplikasi tersebut dipegang oleh masing – masing Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) sehingga secara real time laporan perolehan suara serta kejadian – kejadian khusus di masing – masing TPS bisa langsung terpantau laporannya.

“Kami di Bawaslu adalah teamwork yang solid, ini terbukti dalam pengawasan pemilu ini, kami semua bisa bekerja sama dengan baik menyelesaikan segala proses sampai di level TPS secara cepat,”papar Agus.

“Tentunya banyak masalah di lapangan, namun dengan kerja tim yang solid dan bantuan aplikasi kami ini, Alhamdulillah bisa dengan cepat dan tepat terselesaikan dengan baik dan benar,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.