Dinilai Teliti dan Cermat Awasi Pemilu, Seorang Saksi Parpol Apresiasi Bawaslu Pacitan

oleh -531 Dilihat
AWASI REKAPITULASI. Tim dari Bawaslu Pacitan saat mengawasi jalannya rekapitulasi tingkat Kabupaten Pacitan pada Jumat (1/3/2024). (Foto: Dok. Bawaslu for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Saksi partai politik mengapresiasi kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan dalam mengawasi jalannya proses Pemilu, salah satunya saat pelaksnaaan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten.

Sebagai informasi, rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2024 tingkat kabupaten usai di gelar KPU Kabupaten Pacitan.

Perolehan suara dari PPK 12 Kecamatan rampung dibacakan dihadapan saksi dan Bawaslu Pacitan sesuai tata cara dan prosedur pelaksanaan rekapitulasi sesuai dengan PKPU 5 Tahun 2024 di Parai Resort Pacitan pada Rabu (28/2/2024) sampai Jumat (1/3/2024).

Dalam kegiatan rapat pleno itu, Bawaslu Pacitan terus memberikan tanggapan hampir dalam setiap PPK kecamatan membacakan hasil rekapitulasinya. Adapun pelaksanaan berlangsung dengan tertib meskipun di warnai beberapa tanggapan, baik oleh Bawaslu maupun oleh saksi.

Ketua Bawaslu Pacitan, Syamsul Arifin di sesi terakhir menyampaikan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada dalam forum ini. “Mohon kita semua teliti dalam mencermati semua hasil rekapitulasi ini, ada atau tidak adanya saksi Bawaslu memastikan pastikan suara rakyat terkawal dengan baik,”kata Syamsul dalam siaran pers Bawaslu Pacitan yang diterima Pacitanku.com, Jumat siang.

Di akhir sesi saat Ketua KPU memberikan kesempatan kepada saksi, salah satu saksi dari Paslon Presiden dan Wakil Presiden 03 memberikan ucapan terimakasih atas kerja yang dilakukan oleh penyelenggara, dan secara khusus memberikan apresiasi atas kecermatan dan ketelitian Bawaslu yang sangat detil dan cermat dalam melakukan pengawasan.

Abdul Wahab, salah satu saksi Pileg dari PDI-P secara terbuka memberikan pujian positif atas kinerja Bawaslu selama ini dalam mengawal Pemilu dan tetap konsisten sesuai tupoksinya.

Abdul Wahab saksi dari PDIP. (Foto: Istimewa)

“Kami mengacungkan jempol terhadap Bawaslu Pacitan yang benar-benar menjalankan tugasnya, saya apresiasi penuh buat Ketua Bawaslu Syamsul Arifin beserta jajarannya dalam mengawal proses pemilu 2024 ini,”kata Abdul Wahab, Jumat (1/3/2024).

Lebih lanjut politisi senior Partai Demokrasi Perjuangan Kabupaten Pacitan ini juga mengapresiasi Bawaslu yang mengawal angka-angka yang bukan hanya perolehan suara tetapi juga data pemilih dan penggunaan surat suara.

“Kami sebagai saksi hanya fokus mengawal perolehan suara, tetapi di pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten ini saya menyaksikan bagaiaman ketelitian Bawaslu Pacitan mengawal semua angka – angka baik itu pemilih, penggunaan surat suara dan administrasi lainnya,”jelas dia.

Sementara itu Penanggung Jawab Tim Fasilitasi Pengawasan Pemungutan penghitungan dan Rekapitulasi Agus Hariyanto mengunkapkan pentingnya pengawasan Rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten oleh Bawaslu.

Pengawasan ini untuk memastikan KPU mematuhi tata cara dan prosedur pelaksanaan rekapitulasi sesuai dengan PKPU 5 Tahun 2024 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu.

“Pengawasan yang dilakukan Bawaslu bukan hanya pada perolehan suara tetapi juga angka angka pada DPT, pengguna hak pilih, surat suara yang digunakan dan tata cara prosedur pelaksanaan,”kata pria yang akrab disapa Agus ini.

Menurut Kordiv Pencegahan Humas dan Parmas menambahkan jika pengawasan Bawaslu menjadi sangat penting untuk menjaga kepercayaan publik atas penyelenggaraaan pemilu serentak tahun 2024  khususnya di Pacitan.

“Bawaslu Pacitan dalam mengawal perolehan hasil ini memiliki tim khusus yang mengoperasikan aplikasi berbasis cloud yang terkoneksi dari pengawas TPS, Panwaslu Desa/Kelurahan, Panwaslu Kecamatan sampai Bawaslu Kabupaten Pacitan,”pungkasnya.

Catatan redaksi: Redaksi memperbarui sebagian teks dalam berita ini pada Sabtu (1/3/2024) pukul 20.00 WIB. Karena ada kesalahan informasi awalnya menyebut Abdul Wahab adalah saksi paslon 03, setelah dikonfirmasi lebih lanjut, yang benar adalah saksi Pileg dari PDIP. Atas kesalahan tersebut, redaksi mohon maaf sebesar-besarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.