Kunjungi Desa Sawahan Donorojo, Bupati Pacitan Ikuti Festival Susruk Ikan Hingga Launching Pelukan Dewa Besti

oleh -12 Dilihat
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Ketua TP PKK Efi Indrata Nur Bayuaji melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Donorojo didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Ketua TP PKK Efi Indrata Nur Bayuaji melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Donorojo didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Kunjungan kerja Bupati dipusatkan disekitar Telaga Ngorowungu Dusun Tumpakrejo Desa Sawahan.

Kehadiran Mas Aji dan rombongan di Desa Sawahan disambut antusias warga.

Ragam kegiatan bersamaan dengan kunjungan kerja Bupati, diantaranya, pelayanan adminduk dan SIUP dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kontes kambing hias hingga festival susruk ikan di Telaga Ngorowungu.

Dalam kegiatan itu, Bupati juga meluncurkan program “Pelukan Dewa Besti.”

Program itu adalah inovasi desa yang memiliki kepanjangan arti Pemberian Lauk Ikan Menuju Desa Sawahan Bebas Stunting. Peluncuran ditandai dengan penyerahan PMT kepada ibu hamil oleh Bupati dan Ketua TP PKK.

“Ini adalah inovasi yang sangat kreatif dan patut kita contoh,”kata Mas Aji, Rabu (4/10/2023), mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Mas Aji menambahkan, persoalan stunting menjadi konsen pemerintah saat ini untuk diselesaikan. Untuk itu, inovasi Pelukan Dewa Besti ini menjadi salah satu solusi untuk mencegah persoalan tumbuh kembang anak melalui perbaikan gizi keluarga.

“Saya kira ini tidak cukup menjadi tanggung jawab pemerintah desa saja mari semua ikut terlibat demi Pacitan bebas stunting,”kata dia.

Inovasi Pelukan Dewa Besti lahir dari keprihatinan masih adanya kasus stunting di Desa Sawahan. Pemerintah desa selanjutnya menggandeng Dinas Perikanan, lembaga desa dan PKK mewujudkan inovasi tersebut.

Memanfaatkan telaga Ngorowungu untuk budidaya ikan, anak stunting serta ibu hamil akan mendapatkan tambahan lauk ikan gratis dari pemerintah desa.

“Tahap 1 nanti akan kita beri lauk ikan gratis 3 bulan dan akan kita evaluasi jika masih terjadi kasus kita lakukan lagi tahap 2,”terang inisiator program Pelukan Dewa Besti, Agus Wiyatno.

Agus berharap program ini bisa berjalan baik dan menargetkan Desa Sawahan zero stunting di tahun 2024.

Dalam kesempatan itu pula Bupati menyerahkan santunan BPJS ketenagakerjaan kepada ahli waris, BPJS kesehatan dan sertifikat PTSL kepada masyarakat, serta bantuan lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.