Keren, Inovasi Pengelolaan Sampah Kelurahan Ploso Pacitan Diganjar Penghargaan Gubernur

oleh -63 Dilihat
Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan meraih penghargaan tingkat provinsi. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN –  Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan meraih penghargaan tingkat provinsi. Penghargaan tersebut diberikan atas inovasi dari Kelurahan Ploso, Pacitan dalam pengelolaan lingkungan hidup, utamanya sampah.

Pasalnya dengan inisiasi Lurah Ploso dan dukungan masyarakat, Kelurahan Ploso baru saja menyabet desa/kelurahan berseri tingkat pratama provinsi.

Selain Kelurahan Ploso, desa/kelurahan berseri tingkat Pratama juga diberikan kepada Desa Gondosari Punung dan Kelurahan Sidoharjo Pacitan.

“Kami membuat inovasi untuk memajukan kelurahan Ploso, bagaimana tidak? baru kemarin kelurahan Ploso telah juara satu lomba Poskamling dan pingpong tingkat kabupaten, sekarang mendapatkan piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Timur terkait dengan lingkungan hidup,”kata Lurah Ploso, Aswin Rikha Wijaya, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Rabu (6/9/2023) di Pacitan.

Baca juga: Ukir Prestasi, Pacitan Terima 5 Penghargaan Tingkat Provinsi di Puncak HLH 2023

Lebih lanjut, Aswin juga mengatakan keberhasilan kelurahan Ploso menyabet Kelurahan “Berseri” tak lepas dari dukungan semua pihak dan masyarakat.

“Berbagai sektor dan potensi sedikit demi sedikit kami majukan, ini semua tidak lepas dari peran serta seluruh warga Ploso, yang mana lingkungannya dijadikan penilaian kelurahan berseri tingkat provinsi,”ujar dia.

Penilaian ini, imbuh Aswin, merupakan budaya hidup bersih tiap lingkungan sehingga menjadikan warga kel ploso lebih sehat dan lebih baik lagi.

“Terkait dengan kebersihan, kami telah menciptakan program ‘Bajak Pasah’ yang merupakan kepanjangan dari bayar pajak pakai sampah) PBB-P2 yang sampai saat ini sudah 713 KK yang mengikuti program tersebut dan sudah terkumpul sejumlah Rp 34.788.799 per tanggal 31 Agustus 2023,”jelasnya.

Aswin mengungkapkan, dengan angka yang besar hasil dari sampah, tentu akan menambah perputaran ekonomi di Kelurahan Ploso.

“Ini angka yang sepektakuler, Aswin berkata bahwa sejatinya program ini untuk mendukung visi misi Bupati Pacitan. Serta mengajarkan kita untuk hidup bersih, penambahan ekonomi, meningkatkan kesehatan dan percepatan PBB-P2 di kelurahan Ploso Pacitan,”papar dia.

Aswin berharap kedepan kelurahan Ploso bisa mencapai tingkat mandiri kelurahan berseri dan menjadi contoh desa atau kelurahan lainnya.

“Kaimi siap jika sewaktu-waktu kelurahan ploso di jadikan tempat tujuan untuk studi banding terkait dengan program Bajak Pasah,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.