Bangkitkan Ekonomi Desa, Desa Bogoharjo Ngadirojo Gelar Pameran UMKM

oleh -12 Dilihat
Desa Bogoharjo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan menggelar pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebaai penutup rangkaian agenda Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Desa Bogoharjo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan menggelar pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penutup rangkaian agenda Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (2/9/2023) hingga Ahad (3/9/2023) di lapangan Balai Desa Bogoharjo, Kecamatan Ngadirojo.

Ketua panita pameran UMKM Totok Sumardianto mengatakan kegiatan ini dimulai dari pameran pasar rakyat/bazar UMKM oleh setiap dusun di Desa Bogoharjo.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, serta yang ikut serta adalah khusus warga Desa Bogoharjo saja,”ujarnya, Ahad (3/9/2023) saat ditemui Pacitanku.com di lokasi.

Totok mengatakan kegiatan selain pameran, juga ada perlombaan-perlombaan yang menarik dari mulai lomba volly, lomba untuk anak-anak seperti mewarnai serta menghafal surat.

“Selain itu ada lomba untuk bapak-bapak dan ibu-ibu seperti lomba estafet cantol canting dan lomba merias wajah untuk para ibu-ibu yang merupakan warga dari desa Bogoharjo itu sendiri,”jelasnya.

Sementara, kegiatan pameran UMKM itu, kata dia, sebagai cara memperkenalkan bahwa masyarakat di Desa Bogoharjo ini memiliki kreativitas sendiri-sendiri.

“Tidak hanya batik saja yang dikenal,”tandas dia.

Totok juga mengatakan bahwa dalam pendirian stand ini dari panitia hanya memfasilitasi terop saja untuk ornament dan hisannya itu dikreasi oleh setiap dusun di Desa Bogoharjo.

Pada malam harinya, kata Totok, juga masih terdapat hiburan-hiburan dari lembaga pendidikan mulai dari TK sampai SD yang diikut sertakan dalam memeriahkan kegiatan tersebut seperti halnya menampilkan tari-tarian, istighotsah, serta hiburan lainnya.

Untuk paginya juga ada kegiatan jalan sehat yang dimulai dari pukul 07.00 WIB yang diikuti semua warga disana.

“Sebenarnya dari panitia tidak menyediakan doorprize tetapi dari beberapa masyarakat disini menginisiatif berbondong-bondong mengumpulkan hadian untuk memeriahkan kegiatan tersebut,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.