Semarak Festival Gerabah Kundi Merdeka 2023, Jadi Ajang Promosi Wisata dan UMKM Kebonagung

oleh -10 Dilihat
Semarak Festival Gerabah Kundi Merdeka 2023, Jadi Ajang Promosi Wisata dan UMKM Kebonagung. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Kirab tumpeng gerabah menyambut kedatangan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beserta istri.

Gemerlap cahaya lampion dari bahan gerabah berpadu dengan rampak tetabuhan ronthek, menambah suasana malam semakin meriah.

Di sepanjang jalan menuju panggung utama warga sudah menunggu dengan antusias.

Baca juga: Pemdes Purwoasri Gelar Festival Gerabah ‘Kundi Merdeka’ Semarakkan HUT ke-78 RI

Festival Gerabah Kundi Merdeka 2023 digelar di kampung gerabah Dusun Purwosari, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebunagung oleh Pemerintah Desa Setempat dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

Event perdana kampung gerabah tersebut berisi berbagai acara, seperti workshop, melukis gerabah, kesenian dan UMKM yang melibatkan dua dusun yakni Dusun Purwosari dan Gunung Cilik.

“Ini adalah sarana mempromosikan potensi Desa Purwoasri agar potensi gerabah bisa terangkat baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional,”kata Bupati Aji, Minggu (6/8/2023) malam, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Semarak Festival Gerabah Kundi Merdeka 2023, Jadi Ajang Promosi Wisata dan UMKM Kebonagung. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Bupati Aji sangat mengapresiasi upaya pemerintah desa dan masyarakat untuk menghidupkan kembali festival gerabah yang dulu pernah ada.

Orang nomor satu di Pacitan itu berharap kegiatan ini semakin sukses dan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Promosi yang dikemas melalui festival ini semakin diminati. Ini media paling menyenangkan untuk mempertontonkan hasil karya sekaligus menghibur Masyarakat,”imbuh dia.

Sementara menurut Kades Purwoasri Suratno, festival gerabah ini merupakan sarana mengenalkan potensi gerabah di desanya.

Karena sudah sejak puluhan tahun Dusun Purwosari dan Dusun Gunung Cilik menjadi sentra pengerajin gerabah seni Pacitan.

“Kami berharap acara ini bisa terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan,”kata dia.

No More Posts Available.

No more pages to load.