Pemdes Purwoasri Gelar Festival Gerabah ‘Kundi Merdeka’ Semarakkan HUT ke-78 RI

oleh -8 Dilihat
SEMARAK HUT RI. Pemerintah Desa (Pemdes) Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Pacitan menggelar festival gerabah dengan tema ‘Kundi Merdeka’ untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Pemerintah Desa (Pemdes) Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Pacitan menggelar festival gerabah dengan tema ‘Kundi Merdeka’ untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Kegiatan itu digelar di Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung pada Minggu (6/8/2023).

Turut hadir menyemarakkan kegiatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Pacitan Efi Suraningsih.

Ketua Panitia kegiatan Hari Setyo Nugroho mengatakan festival gerabah ini bagian dari upaya Pemdes Purwoasri turut andil dalam mengisi kemerdekaan.

 “Pertama memang Festival Gerabah tahun 2023 dalam rangka memerihakan hari kemerdekaan Indonesia. Ini pertama kali di gelar di Pacitan,”kata Harry, kepada Pacitanku.com.

Pria yang juga Kepala Dusun (Kasun) Purwoasri ini mengungkapkan antusiasme masyarakat yang banyak terlibat dan mengikuti kundi merdeka melebihi ekspektasi panitia.

“Alhamdulillah untuk kegiatan antusiasme masyarakat sekitar dan Pacitan sangat luar biasa. Paling pentingnya tentu berputarnya ekonomi masyarakat disini,”jelasnya.

Dalam kegiatan festival gerabah itu, Harry mengatakan ribuan peserta yang hadir mengikuti sejumlah acara, diantaranya workshop, melukis gerabah, kesenian dan UMKM yang terlibat didalamnya, yang melibatkan dua dusun di Kebonagung, yakni Dusun Purwosari dan Gunung Cilik.

“Kita melibatkan pengrajin sekitar 60 pengrajin gerabah Kebonagung,”ujarnya.

Dengan keterlibatan UMKM dan pengrajin gerabah itu, Harry mengungkapkan adanya perputaran puluhan juta uang di event kundi merdeka tersebut.

“Puluhan juta dari kegiatan Festival Gerabah dapat berputar di masyarakat, jika dilihat dari situ tentu akan menambah perputaran ekonomi masyarakat,”paparnya.

Harry juga berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap tahun.

“Tentu dengan pengemasan yang lebih baik, penyelenggaraan tahun ini juga tak lepas dari sejumlah kendala, namun acara berjalan lancar,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.