Belum Lama Dilantik, KPU Gelar Pergantian Antar Waktu PPS di Pacitan, Apa Sebabnya?

oleh -3 Dilihat
PERGANTIAN ANTAR WAKTU. Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini memimpin pelantikan PAW PPS Pacitan pada Kamis (2/2/2023). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan menggelar prosesi pelantikan Pantia Pemungutan Suara (Pemilu) Pengganti Antarwaktu (PAW) untuk Pemilu 2024.

Prosesi pelantikan PAW PPS itu dipimpin langusng oleh Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini pada Kamis (2/2/2023) di Rumah Pintar Pemilu KPU, Jalan Veteran nomor 66 Pacitan.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini mengatakan PAW PPS untuk Pemilu 2024 tersebut adalah untuk satu PPS di Desa Nawangan Kecamatan Nawangan.

“Ada satu PPS di Desa Nawangan yang mengundurkan diri tanggal 28 Januari 2023 yang lalu atau 4 hari setelah pelantikan,”kata perempuan yang akrab disapa Rini ini saat dikonfirmasi Pacitanku.com usai PAW PPS, Kamis (2/2/2023).

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan penyebab pengunduran diri anggota PPS tersebut dikarenakan pekerjaan diluar kota. “(Mengundurkan diri) karena akan bekerja di luar kota, jadi mendapatkan pekerjaan ya,”tandasnya.

Rini mengungkapkan adanya kejadian PPS mengundurkan diri seusai pelantikan itu merupakan suatu hal yang wajar karena memang sifat dari PPS yang merupakan bukan pekerjaan tetap.

“Menurut saya wajar saja artinya penyelenggara Pemilu ditingkat PPK maupun PPS ini kan sifatnya adhoc, jadi bukan pekerjaan tetap,”tandasnya.

Namun demikian meski bukan pekerjaan tetap, Rini mengatakan PPS memiliki tugas yang cukup membutuhkan konsentrasi dan komitmen.

“Walaupun pekerjaannya tidak tetap sebenarnya perlu konsentrasi, perlu komitmen dari yang bersangkutan untuk bisa bekerja dengan sebaik-baiknya, sehingga jika memang bekerja di luar kota tentu tidak akan bisa melaksanakan tugasnya secara sebaik-baiknya,”papar Ketua KPU perempuan pertama di Pacitan ini.

Sedangkan untuk penggantinya, imbuh Rini, dilaksanakan sesuai petunjuk teknis dari KPU yang merupakan nomor urut dibawahnya.

“Untuk penggantinya, sesuai dengan petunjuk teknis ya 534, tentu Jika ada yang mengundurkan diri PPS maka penggantinya diambil dari nomor urut berikutnya gitu, ini untuk yang kita ambil nomor urut berikutnya dari peringkat 4 di desa yang bersangkutan,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, KPU resmi melantik sebanyak 516 PPS Pemilu 2024 pada Selasa (24/1/2023) di Gedung Gasibu Swadaya. Wajah-wajah muda menghiasi mayoritas PPS Pemilu 2024 Pacitan.

Ratusan PPS tersebut mewakili 172 desa atau kelurahan se Pacitan, untuk masa kerja sampai April 2024 atau dua bulan setelah hari pemungutan dan perhitungan suara.

Video Persiapan KPU Pacitan Hadapi Pemilu Serentak 2024, Apa Saja?

No More Posts Available.

No more pages to load.