Ini Top 24 Destinasi Wisata di Pacitan untuk Piknik Bersama Keluarga

oleh -Dibaca 2,001 kali
Top 24 wisata Pacitan. (Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Jelang akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023, saat menatap harap dengan penuh optimisme. Termasuk optimisme bangkit dari pandemi yang terjadi selama dua tahun belakangan. Salah satunya adalah kebangkitan wisata di Indonesia pada umumnya, dan Pacitan pada khususnya.

Pemerintah Kabupaten Pacitan sudah membuka semua destinasi wisata yang ada di Pacitan, baik yang dikelola Pemkab maupun dikelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat pasca pandemi.

Ada 24 destinasi wisata terbaik yang ada di Pacitan yang bisa Anda nikmati untuk plesiran bersama keluarga versi Pacitanku.

Pada tahun 2022 akhir jelang 2023 ini, setidaknya ada 4 destinasi wisata baru di Pacitan, yakni Watu Lakar di Desa Sumberharjo, Pacitan.

Kemudian Museum Song Terus di Dusun Weru Desa Wareng Kecamatan Punung, Kali Klepu di Desa Karanganyar Kebonagung dan Pantai Benges di Desa Jetak Kecamatan Tulakan.

Tertarik mengunjunginya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

1. Pantai Klayar

KLAYAR DIBUKA. Pantai Klayar Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pantai yang terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan ini kini masih menjadi daya Tarik utama wisata Pacitan. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan.

Keindahan Pantai Klayar terlihat saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, akan ada sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan Pasir putih yang memesona. Selain itu di kawasan pantai ini juga sudah ada banyak fasilitas, baik homestay, restoran, pusat oleh-oleh hingga gazebo-gazebo yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp15 ribu dan anak-anak Rp10 ribu.

2. Pantai Buyutan

Keindahan Watu Narada Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok Pacitanku)

Selain di Pantai Klayar, salah satu destinasi yang direkomendasikan dikunjungi tahun 2022 adalah pantai Buyutan. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini memiliki keindahan pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai.

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di kota 1001 goa yang terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Letak wilayahnya dekat dengan Pantai Klayar yang juga berada di daerah yang sama.

Pantai ini bisa ditempuh dengan motor/mobil (tidak ada kendaraan umum) dari Kota Pacitan sejauh 44 km. Lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar yang lebih terkenal itu, sekitar 4 km ke arah barat Anda akan bertemu dengan perempatan Desa Kalak, lalu ada petunjuk arah sederhana menuju Buyutan.

Perjalanan dapat ditempus sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota pacitan. Perjalanan yang ditempuh lumayan jauh dan juga jalan terjal dengan berbatuan memberikan kenikmatan tersendiri ketika kita telah sampai di lokasi pantai buyutan.

Seperti halnya pantai-pantai lain di Pacitan, Buyutan juga merupakan pantai dengan pasir putih dengan panjang pantai yang cukup panjang. Di sebelah kanan terdapat beberapa batu karang yang saat sedang pasang hanya terlihat bagian atasnya aja.

Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu

3. Pantai Banyu Tibo

INDAHNYA PANTAI BANYU TIBO. Suasana Pantai Banyu Tibo Donorojo. (Foto: Dok. Pacitanku)

Masih di desa yang sama dengan Pantai Buyutan, satu lagi destinasi wisata yang bisa Anda jadikan referensi piknik adalah Pantai Banyu Tibo.

Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah Air Terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucucan airnya langsung terjun ke pantai Selatan.

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada. Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.

Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

4. Pantai Ngiroboyo

Para Wisatawan sedang menikmati pantai Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)
Para Wisatawan sedang menikmati pantai Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)

Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo adalah salah satu kawasan wisata yang terletak di Dusun Sambi, Desa Sendang kecamatan Donorojo. Pantai Ngiroboyo merupakan Salah satu Pantai yang ada di Pacitan yang memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya pasir hitam yang mendominasi sebagian besar Pantai.

Setidaknya ada sejumlah fasilitas wisata yang bisa Anda dapatkan di kawasan wisata Peson Ngiroboyo, yakni panorama Pantai, menyusuri sungai dengan perahu besar, menikmati perahu kecil dan berkemah.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan anak-anak usia 0-6 gratis, sedangkan anak-anak usia 6 tahun keatas Rp10 ribu. Untuk parkir kendaraan roda dua Rp2 ribu dan roda 4 Rp5 ribu.

Selanjutnya di halaman berikutnya, Goa Gong.

No More Posts Available.

No more pages to load.