Ini Top 24 Destinasi Wisata di Pacitan untuk Piknik Bersama Keluarga

oleh -357 Dilihat
Top 24 wisata Pacitan. (Dok. Pacitanku)

9. Pantai Srau

PANTAI SRAU. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. (Foto: Dok Pacitanku)

Obyek wisata di Pacitan dengan corak karang dan Pantai pasir putih adalah pantai Srau. Pantai Srau ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan.

Pantai Srau sendiri terbagi menjadi 3 bagian pantai yang dikeliling bukit karang. Bagian pertama, adalah pantai yang letaknya tidak jauh dari pos tiket.

Ombaknya besar dan warna laut masih biru laut serta pasir putih yang bersih. Di tengah laut menonjol beberapa bukit karang yang terlihat hidup ketika diterpa ombak yang besar.

Secara keseluruhan pantai Srau sangat mempesona dalam menyajikan keindahan alam dan membuat kita berdecak kagum mulai dari ombak yang besar, laut yang sangat biru, angin sepoi, bukit yang menyerupai semenanjung, karang hitam yang eksotis, dan laut yang membentuk telaga.

Selain itu, di lepas pantai dapat kita saksikan karang yang menyembul dan bentuknya mirip seperti ekor Hiu.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

10. Sentono Genthong

Obyek wisata Sentono Genthong. (Foto: Pacitanku.com)

Untuk diketahui, destinasi wisata ini berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku yang berjarak 13 kilometer atau 20 menit dari pusat kota.

Waktu tempuhnya kurang-lebih setengah jam karena harus melalui medan perbukitan. Rute termudah menuju Sentono Genthong dari Kota Pacitan adalah melalui Jalan Raya Tumpak Rinjing menuju Desa Dadapan.

Menjelang sampai Balai Desa Dadapan, akan dijumpai plang penunjuk jalan sederhana menuju lokasi tujuan.

Di kawasan ini, pemandangan terbuka ke arah Teluk Pacitan tampak begitu menajkubkan. Terlihat pula pasir putih Pantai Teleng Ria hingga Pantai Pancer Dorr bagaikan bulan sabit. Kota Pacitan juga tampak cantik dari ketinggian.

Keindahannya kian berpadu dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya bagai dinding raksasa. Saat cuaca cerah, pagi hari menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke sini. Mentari yang pelahan muncul dari barisan pegunungan Pacitan di wilayah timur terlihat indah.

Di Sentono Genthong ini ada situs Sentono Genthong yang merupakan petilasan Syeh Subakir, juga ada arena panjat tebing, paralayang, yang landing di pantai teleng ria, atau darurat, selain itu untuk fasilitas, disini ada gazebo untuk bersantai ria, keluarga, mushola, kamar mandi, area untuk melihat Pacitan dari atas bukit.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu untuk dapat menikmati area indah di Sentono Genthong ini. Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu.

11. Beiji Park

Beiji Park (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Berwisata ke Pacitan tak akan pernah bosan akan objek wisata alam. Bahkan, semakin banyak yang dikembangkan dan langsung populer di media sosial akibat traveler selalu ber-selfie keren. Salah satu yang teranyar adalah Beiji Park yang terletak di Dusun Beji, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Beiji Park yang terletak di tepi jalur utama Pacitan-Solo yang berada di kawasan perhutani ini menyuguhkan pemandangan yang cocok untuk para traveler pecinta selfie sehingga sengaja dikembangkan jadi objek wisata.

Awalnya, Beiji Park bernama Pacitan Indah. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini dikembangkan dan dikelola kerjasama Perhutani dengan salah satu perusahaan swasta.

Dari perbukitan Beiji Park, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan teluk Pacitan di sisi selatan sebab engelola Beiji Park menyediakan Gardu Pandang yang dibuat dari papan untuk melihat dengan jelas panorama kota Pacitan.

Selain itu, ribuan pepohonan mahoni yang berjejer rapi, bisa Anda jadikan obyek foto bersama keluarga tercinta.

Di kawasan Beiji Park ini juga ada Goa baru yang baru saja dibuka tahun 2022 ini, yakni Goa Sekar Arum yang masih satu area di kawasan Beiji park.

Nah, tertarik mengunjungi Beiji Park? Silahkan mengunjungi dengan jarak sekitar 20 menit dari pusat Kota Pacitan. Jangan lupa tetap jaga kebersihan dan keindahan tempat wisata di Pacitan.

12. Sungai Maron

Sungai Maron Pringkuku (Foto: Purnomo)

Destinasi wisata yang satu ini juga bisa menjadi rekomendasi kunjungan Anda saat ke Pacitan. Yang cukup unik dari sungai ini adalah panorama dan kebeningan air sungainya yang memanjakan mata. Pemandangan di sepanjang sungai berdiri pohon kelapa dan pohon jambu yang hijau dan asri dengan air sungai berwarna kehijauan yang menyegarkan. Keberadaan sungai ini juga menjadi denyut nadi masyarakat sekitar.

Di salah satu lokasi aliran Sungai Maron ini terdapat ceruk sungai yang oleh warga Dersono dikeramatkan dengan nama Kali Sirah.

Selain itu, Sungai Maron ini memang memiliki daya pikat yang cukup tinggi, selain airnya jernih, sungai Maron sangat berarti bagi masyarakat Desa Dersono di Pringkuku dan Desa Sendang di Donorojo, karena berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan.

Selanjutnya di halaman berikutnya, Pantai Teleng Ria.

No More Posts Available.

No more pages to load.