Ini Top 24 Destinasi Wisata di Pacitan untuk Piknik Bersama Keluarga

oleh -347 Dilihat
Top 24 wisata Pacitan. (Dok. Pacitanku)

5. Goa Gong

KBRI Tokyo Promosikan Keindahan Wisata Goa Gong Pacitan. (Foto: KBRI Tokyo)

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, atau jika ditempuh 140 km selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Disebut Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh.

Letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Kota Pacitan, petunjuk jalan menuju ke arah Goa Gong juga cukup jelas. Namun semakin mendekat ke Goa Gong, jalan yang dilalui semakin menyempit hingga akhirnya menemukan perempatan jalan yang kecil sebelum akhirnya memasuki pelataran parkir Goa Gong.

Jalan setapak menuju Goa yang telah disemen dengan baik dipenuhi dengan warung-warung yang mejajakan minuman dan makanan tradisional. Nama Goa Gong diambil dari cerita yang beredar di masyarakat karena di dalam goa ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Jika anda memukul atau mengetuk salah satu stalaktit dan stalakmit, maka akan berbunyi seperti dengungan gong yang memenuhi ruang di dalam goa.

Keindahan goa gong terletak pada panoramanya stalaktit dan stalagmitnya yang indah seperti gelambir-gelambir raksasa yang terbuat dari batu.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp20 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

6. Goa Tabuhan

Obyek wisata Goa Tabuhan Pacitan. (Foto: Risma Permata Sari/PKL STKIP PGRI Pacitan)

Selain Goa Gong, destinasi yang bisa Anda kunjungi di tahun 2022 adalah Goa Tabuhan. Destinasi wisata yang terletak di Dusun Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, ini memiliki daya bebatuan yang mirip suara gamelan.

Saat mulai dibuka, suguhan yang menjadi menu utama saat mengunjungi saat mengunjungi Goa Tabuhan Pacitan memang pertunjukan musik jawanya.

Pertunjukan ini terbilang unik, karena suara musik yang dimainkan merupakan hasil dari perpaduan batu-batu stalagmit dan stalagtit, yang di pukul secara berirama sehingga menghasilkan suara mirip musik gamelan.

Pengunjung yang datang pun cukup membayar Rp200 ribu untuk menikmati 5 sajian lagu.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

7. Pantai Watukarung

Pantai Watukarung Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Pacitan. Pantai ini terletak di Desa Watukarung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 Km.

Waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai ke destinasi pantai ini dari pusat Kota Pacitan. Kepopuleran Pantai Watukarung mendunia setelah peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di pantai ini.

Foto-foto Bruce saat berselancar di Watukarung bahkan menjadi sampul utama majalah internasional terkemuka “Waves.”

Keindahan pantai ini terletak dari ombak lautnya, pasir putihnya dan panorama putri samudera, sebuah batu karang yang mirip putri dengan rambut panjang berurai.

Di Kawasan pantai ini juga sudah ada banyak homestay dengan varian harga yang murah hingga yang mahal. Juga ada banyak warung-warung milik warga yang menjajakan kuliner khas Kawasan itu.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

8. Pantai Kasap

Spot foto di Pantai Kasap. (Foto: Wiwid Peni Dwiantari)

Pantai ini masih satu area dengan Pantai Watukarung, tepatnya di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku.

Pantai Kasap ini diketahui berada di dekat tiga pantai lainnya di kecamatan ini, yakni pantai Watukarung, pantai Banteng Mati dan pantai Peden Ombo.

Seperti diketahui, pantai ini memiliki karakteristik khas di pantai selatan, yakni karang dan juga pasir putih serta ombak yang deras. Tak hanya itu, berada di bukit Pantai Kasap, apalagi saat senja menjadi momen paling keren.

Sejumlah spot yang ada adalah gardu pandang yang dibuat dari kayu, lengkap dengan tangga dan jembatan kecil di atassnya. Spot foto lain adalah semacam gerbang yang dibuat dari tumpukan akar dan dahan pepohonan.

Dengan adanya spot terbaru tersebut, keindahan dan keelokan Pantai Kasap semakin terasa. Berada di atas gardu pandang, pengunjung dapat menikmati dengan bebas keindahan panorama pantai-pantai serta pulai kecil di sekeliling bukit yang dikenal dengan raja ampatnya Pacitan ini.

Selanjutnya di halaman berikutnya, Pantai Srau.

No More Posts Available.

No more pages to load.