Ratusan Atlet Ikuti Kejurkab Ju Jitsu Antar Pelajar dan Dojo Se-Kabupaten Pacitan

oleh -Dibaca 250 kali
Ratusan atlet lokal Pacitan mengikuti Kejurkab Ju Jitsu Antar Pelajar dan Dojo (tempat latihan Ju Jitsu) Indonesia Ju Jitsu Championship Grand Prix 3 di Gedung Gasibu Swadaya sejak Jumat (25/11/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ratusan atlet lokal Pacitan mengikuti Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Ju Jitsu Antar Pelajar dan Dojo (tempat latihan Ju Jitsu) Indonesia Ju Jitsu Championship Grand Prix 3 di Gedung Gasibu Swadaya sejak Jumat (25/11/2022).

Tercatat sebanyak 163 atlet mulai SD ,SLTP dan SLTA dari 18 sekolah dan Dojo berlaga di pertandingan bela diri asal Jepang tersebut.

Kejurkab Ju-Jitsu antara pelajar dan dojo dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Pertandingan akan dibagi menjadi dua kategori yakni kategori sekolah dan kategori antar Dojo dengan kelas sesuai berat badan.

Dalam sambutanya bupati mengatakan, cabang olahraga bela diri Ju jitsu memiliki kesempatan yang besar untuk berprestasi membawa nama harum Pacitan.

Apalagi, melihat sejarah panjang Ju jitsu Pacitan yang baru saja terdaftar kepengurusannya dan kini menjadi anggota KONI sebagai induk olahraga.

“Saya mendengar selama ini atlet Pacitan terpaksa memperkuat daerah lain, dan setelah kepengurusan Ju jitsu ini terbentuk maka akan punya kesempatan memperkuat Pacitan dan lebih berprestasi lagi,”kata Bupati mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Bagi Mas Aji, dimanapun atlet-atlet dari cabang olahraga apapun berada yang terpenting bagaimana prestasi Pacitan itu bisa diangkat.

Pesannya kepada para atlet Ju jitsu, kunci sukses tersebut adalah disiplin. Baik disiplin pelatih dalam mendidik atlet atau kepatuhan atlet itu sendiri dalam mengikuti arahan pelatih.

“Saya meyakini siapapun itu menggunakan atribut apapun itu tapi darahnya tetap darah Pacitan,” imbuhnya.

Bupati yakin dengan semangat yang tinggi dan disiplin yang kuat, Pacitan tidak akan kalah dengan daerah lain.

Ia mencontohkan, prestasi yang ditorehkan salah satu atlet dari cabang olahraga angkat besi. Meski dengan keterbatasan namun karena memiliki niat dan semangat yang kuat serta latihan yang keras bisa meraih prestasi tidak hanya nasional namun internasional.

“Atlet Ju jitsu di Pacitan ada 500 lebih namun banyak yang di luar kota dan kejurkab ini untuk memantau serta mencari bibit-bibit atlet Ju jitsu di Pacitan,”kata Ketua PBJI Kabupaten Pacitan, Bambang Widiarsa.