Ini Top 24 Destinasi Wisata di Pacitan untuk Piknik Bersama Keluarga

oleh -357 Dilihat
Top 24 wisata Pacitan. (Dok. Pacitanku)

17. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan Pacitan. (Foto: IG Ani Yudhoyono)

Pantai Pidakan berada di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju desa Jetak. Pantai tersebut terkenal keindahan alam dan terkenal kesejukannya. Tetapi jalan menuju ke Pantai tersebut kurang memadai.

Jika melewati Jalur Lintas Selatan, akan lebih mudah karena pantai ini berada dipinggir JLS, kurang lebih 2 Km dari JLS.

Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material Pantainya 70 persen yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

18. Pantai Watu Bale

AHY sukses menyeberangi jembatan nyali itu untuk mengeksplorasi keindahan wisata Pantai Watu Bale di pulau seberang. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pemandangan di kawasan pantai Watu Bale ini begitu indah. Pantai Watu Bale ini juga bisa dibilang tidak memiliki pantai berpasir, akan tetapi adalah merupakan tebing yang cukup tinggi, yang berbatasan langsung dengan laut selatan, atau dikenal dengan istilah tanjung berbukit.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah keberadaan batu karang yang mirip “bale”. Bale jika diartikan dalam bahasa jawa adalah balai, atau tempat untuk istirahat, sehingga karena ada batu karang mirip “balai-balai” maka dinamakan pantai ini dengan pantai Watu Bale.

Pantai yang terletak di  Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini memiliki salah satu wahana wisata minat khusus. Wahana tersebut adalah jembatan penyeberangan antar pulau ini jadi salah satu wisata andalan di kawasan pantai ini. Jembatan dengan panjang 100 meter ini menghubungkan pantai dengan pulau Watu Bale.

Selain itu pantai ini cocok juga untuk kegiatan kemah dan life musik. Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan HTM jembatan adrenalin Rp50 ribu.

19. Pantai Soge

Keindahan kawasan Pantai Soge dipotret dari udara. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pantai Soge, terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Pantai ini berada di pinggir jalan raya atau lebih tepatnya Jalur Lintas Selatan, Selain itu terdapat juga muara yang menambah keunikan pantai ini.

Dengan dibangunnya JLS di Pacitan membuat pantai Soge menjadi tempat baru untuk nongkrong, apalagi di kawasan Pantai Soge ini terdapat jembatan Soge yang bagus.

Indah, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu yang berjarak 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur.

Puluhan wisatawan lokal dari sejumlah daerah, mulai anak-anak hingga orang dewasa, begitu asyik bermain air di muara Sungai Soge yang jernih dengan pasir putihnya.

Sementara, alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai.

Masih ada satu lagi wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung selain sekadar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air. Wahana itu adalah ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah.

20. Pantai Taman

Monumen penyu di Pantai Taman, Ngadirojo. (Foto: Wisata Pendidikan TEB Malang)

Tak salah rasanya jika menyebut kawasan wisata Pantai Taman, di Desa Hadiwarno, Ngadirojo menjadi salah satu obyek wisata yang menyajikan nuansa edukatif atau pendidikan di Pacitan.

Selain karena memang kawasan ini untuk rekreasi keluarga, kompleks pantai Taman juga menawarkan wisata pendidikan yang ditujukan untuk akademisi, sekolah maupun berbagai stake holder pendidikan lainnya. Selain wisata pantai, di Pantai Taman juga ada wisata pendidikan adalah pengembangan konservasi penyu.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp10 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

Selanjutnya Museum Song Terus..

No More Posts Available.

No more pages to load.