Ini Top 24 Destinasi Wisata di Pacitan untuk Piknik Bersama Keluarga

oleh -345 Dilihat
Top 24 wisata Pacitan. (Dok. Pacitanku)

21. Museum Song Terus

Museum Song Terus. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Selain wisata Pantai dan Goa yang terkenal, Kabupaten Pacitan kini memiliki museum prasejarah modern. Adalah museum Song Terus yang berada di Dusun Weru Desa Wareng Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan.

Berdiri diatas lahan seluas 2,5 hektar, museum Song Terus terdiri dari 3 lantai dengan desain arsitektur yang indah dan futuristik. Museum ini dibuka dengan konsep modern bertsandart internasional.

Museum Song Terus ini diresmikan serentak dengan dua museum lainnya, yaitu  Museum Batik Indonesia dan Museum Semedo pada Rabu (12/10/2022).

Museum Song Terus memiliki 6 galeri dalam ruang pamernya. Masing masing galeri menampilkan tema khusus serta urut sehingga pengunjung lebih memahami sejarah Geopark Gunung Sewu. Baik bentang lingkungan hingga peradaban dari masa lalu hingga saat ini.

Kehadiran Museum Song Terus yang berdampingan dengan situs  Song Terus diharapkan menjadi inspirasi pengunjung  dalam memahami, mengapresiasi dan melestarikan bukti-bukti sejarah masa lalu untuk kehidupan masa kini dan masa depan.

22. Watu Lakar

Destinasi wisata Watulakar. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Destinasi ini baru saja diresmikan pada Minggu (16/10/2022) tepatnya di Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan, Minggu (16/10/2022).

Obyek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) mengusung konsep wisata religi. Situs alamnya yang unik, dengan struktur batu menyerupai batu berundak kuno.

Selain itu juga ada beberapa fasilitas penunjang seperti jembatan gantung, hiasan payung di antara pepohonan, fasilitas outbond, gazebo, kolam ikan, kolam renang anak, arena bermain anak serta lapak kuliner rakyat.

Kawasan obyek wisata Watulakar memiliki luas hampir 5 hektar. Dari luasan tersebut  baru 1 hektar yang sudah terkelola.

23. Kali Klepu

Desa Karanganyar, Kecamatan Kebonagung ada pasar wisata kuliner tempo dulu Kali Klepu. Pasar wisata kuliner tempo dulu Kali Klepu memiliki konsep tradisional.

Sejak awal transaksi, pengunjung harus menukar uang dengan koin yang terbuat dari tempurung kelapa, dengan harga satu koin dibanderol Rp2000. Koin dari tempurung itulah yang bisa digunakan pengunjung berbelanja makanan tradisional.

Tidak hanya makanan tradisional yang dijual, bangunan warung serta pakaian pedagang yang menjajakan makanan pun dibuat dengan konsep klasik tempo dulu. Selain itu, para wisatawan yang berkunjung kesini juga mendapatkan bonus spot foto menarik di Kali Klepu.

Peluncuran destinasi wisata bertema klasik tersebut pada Senin (21/2/2022) dihadiri langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Wakil Bupati Pacitan Gagarin.

Pasar wisata kuliner Kali Klepu ini buka setiap harinya. Dimana saat weekend atau akhir pekan, Kawasan kuliner tersebut buka dari pukul 6.30 sampai pukul 17.00 WIB. Sementara, untuk hari-hari biasa, Pipit mengungkapkan pihaknya membuka wisata pasar kuliner Kali Klepu tersebut mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

24. Pantai Benges

Selain Pantai Pidakan dan Watu Bale, salah satu destinasi di wilayah Desa Jetak, Kecamatan Tulakan adalah Pantai Benges.

Lokasi kawasan ini terletak tak jauh dari jalur Pantai Selatan (Pansela) atau dulu dikenal dengan Jalur Lintas Selatan (JLS). dari Jalan utama JLS Wisata Benges hanya berjarak sekitar 500 meter. Kendaraan roda dua sudah bisa masuk sampai lokasi.

Salah satu yang unik di kawasan wisata ini, munculnya suara berdesis kencang dari sela-sela batu karang. Bahkan saat pasang suara desisan itu juga disertai semburan air laut. Penduduk setempat menyebut spot desisan ombak ini dengan nama Ngambusan.

Tak hanya itu, obyek andalannya adalah keunikan batu karangnya yang mirip ukiran. Selain itu viewnya langsung menghadap laut selatan. Sementara pada sisi timur viewnya adalah Pantai Pidakan dengan lokasi desa yang sama.

Selain hanya sekedar menikmati view laut dan pantai, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di wisata alam Benges adalah memancing dan menyusuri relief karang.

Tak hanya itu, untuk yang suka camping, ada beberapa campsite yang nyaman untuk mendirikan tenda. Untuk memudahkan akses masuk, saat ini, masyarakat setempat juga sedang membangun akses jalan menuju lokasi tersebut.

Demikianlah top 24 wisata Pacitan yang bisa Anda jadikan referensi saat piknik bersama keluarga saat di Pacitan. Selamat berwisata.

Video Top 15 Wisata Pacitan, Kamu Pilih Mana?

No More Posts Available.

No more pages to load.