Ini Top 24 Destinasi Wisata di Pacitan untuk Piknik Bersama Keluarga

oleh -353 Dilihat
Top 24 wisata Pacitan. (Dok. Pacitanku)

13. Pantai Teleng Ria

pasir Putih Teleng Ria
Pantai Teleng Ria. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pantai Teleng Ria ini adalah Pantai yang jaraknya sangat dekat dari pusat Kota Pacitan, yaitu sekitar 3,5 Km atau 5-10 menit perjalanan. Pantai Teleng Ria merupakan Pantai yang modelnya adalah berupa teluk Pacitan, selain Pantai pancer yang berada di sisi timur Teluk pacitan.

Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, dan menghadap Samudera Indonesia.

Walaupun pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan. Kondisi yang demikian ini membuat Pantai ini menjadi salah satu alternatif liburan keluarga anda, Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Selatan, dengan hamparan pasir putih sepanjang 3 Km.

Ombak di pantai inipun cocok bagi mereka yang ingin berenang atau hanya untuk bermain-main di kala liburan keluarga. Pemandangan yang melatarbelakangi pantai inipun tak kalah indah, karena disekitarnya dikelilingi oleh rangkaian Gunung Limo.

Pemandian air hangat ini terletak di Kecamatan Arjosari, tepatnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 15 km arah utara kota Pacitan.

14. Pantai Pancer

SIRNAS VOLI PANTAI SERI 2. Pancer Dorr Pacitan jadi lokasi Sirnas voli Pantai mulai Rabu (29/6/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pantai Pancer Dorr merupakan bagian pantai dari teluk Pacitan yang berada di sisi paling timur Pantai  Teleng Ria, berhadapan langsung dengan samudera hindia.  Pantai ini memiliki panorama yang mempesona dengan deburan ombak khas laut selatan. Di pantai ini juga ditanam tumbuhan cemara yang berfungsi sebagai sabuk laut.

Lalu apa keistimewaan pantai ini? Yakni adalah ombak yang besar dan juga area yang cukup luas. Ombak besar inilah yang sering di manfaatkan oleh para surfer /peselancar untuk menunjukan kebolehanya melawan arus ombak yang tinggi. Sehingga tak heran di Pantai Pancer Door sering di gunakan untuk bermain surfing oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berbagai event selancar atau dayung sering digelar di kawasan ini, tepatnya di muara Sungai grindulu.

Berbagai event juga sering digelar di kawasan pantai ini karena tempatnya yang cukup luas. Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp5 ribu dan anak-anak Rp4 ribu.

15. Pantai Pangasan

Keindahan Pantai Pangasan Kebonagung. (Foto: M Akhlis Sofan)

Keindahan pantai-pantai yang ada di Pacitan memang tak diragukan lagi. Salah satunya adalah Pantai Pangasan, yang terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung. Pantai yang baru beberapa tahun dikelola terpusat oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini memang menawarkan pemandangan menakjubkan.

Suasana laut biru, berdampingan dengan tebing bebatuan dan area persawahan warga menjadi ciri khas pantai ini, yang tentu sangat cocok dan sempurna untuk destinasi liburan.Pantai Pangasan yang terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung ini mungkin menjadi salah satu wisata pantai alternatif di Pacitan.

Dua pantai ini, pantai Pangasan dan Pantai Sangklehan merupakan satu kawasan pantai yang masih sangat alami, dengan daya tarik utama Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah adanya tebing batu yang cukup tinggi menjulang di sisi barat pantai. Penduduk setempat menamakan bukit batu tersebut dalah Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran, yang merupakan sebuah tanjung kecil yang seakan terpisah dari daratan utama.

Jika dilihat dari arah timur Gunung Lanang terlihat seperti batu yang menjulang tinggi. Sementara, di sisi barat pantai oleh warga setempat biasa disebut Pantai Pangasan, dengan kharakteristik pantai berupa batu karang.

Kemudian, di kawasan timur terdapat sungai yang membatasi kawasan barat yang didominasi batu karang dengan kawasan timur yang berpasir. Adapun untuk harga tiketnya di pantai ini adalah Rp5 ribu.

16. Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku.com)

Lokasi untuk mencapai pemandian Banyuanget tidak sulit ditempuh. Anda bisa memanfaatkan tiga jalur utama yang menuju dan dari kota Pacitan Pertama jalur Solo-Wonogiri-Pacitan. Kedua jalur Ponorogo-Pacitan. Jarak Solo Pacitan sekitar 117 km, Ponorogo-Pacitan 60 km.

Jika anda mengendarai kendaraan pribadi, dari arah Ponorogo menuju kota Pacitan, 50 meter sebelah pasar Arjosari, belok kanan kurang lebih berjarak 3 km ke arah Nawangan.

Banyu Anget terletak di bawah lereng bukit batu putih atau gunung kelir. Pemandangan sekitar lereng begitu menawan.

Keunggulan Banyu Anget Tirto Husodo, selain panorama alam yang menawan dan mudah dijangkau dengan transportasi darat, air hangatnya berkhasiat untuk kesehatan.

Adapun untuk harga tiketnya yang telah diupdate per Sabtu (1/1/2022) untuk dewasa Rp15 ribu dan anak-anak Rp5 ribu.

Selanjutnya adalah Pantai Pidakan..

No More Posts Available.

No more pages to load.