Pesona Pantai Banyu Tibo Pacitan yang Cantik dengan Air Terjun Tepi Pantai

oleh -Dibaca 469 kali
INDAHNYA PANTAI BANYU TIBO. Suasana Pantai Banyu Tibo Donorojo. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO — Salah satu pantai di Pacitan yang layak menjadi referensi wisata anda adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan. 

Yang unik, pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah air terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucuran airnya langsung terjun ke pantai selatan.

Pesona Pantai Banyu Tibo ini bahkan tak kalah eksotis dari sejumlah wisata bahari yang ada di Pulau Dewata. Anda bisa merasakan segarnya air laut dan tawar dengan berdiri di bawah air terjun Pantai Banyu Tibo setinggi kurang lebih 5 meter ini.

Pesonanya begitu memikat, tak heran, jika banyak wisatawan yang mengabadikan momen dengan latar belakang eloknya Pantai Banyu Tibo.

INDAHNYA PANTAI BANYU TIBO. Suasana Pantai Banyu Tibo Donorojo. (Foto: Dok. Pacitanku)

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada.  Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

Air terjun ini seakan sudah menjadi identitas dan ikon bagi Pantai Banyu Tibo itu sendiri. Jadi, di pantai ini suasana keindahan pantai bertemu dengan indahnya air terjun pegunungan yang mana Pacitan itu sendiri dikelilingi oleh berbagai gunung dari segala penjuru. 

Adapun, asal air terjun sendiri berasal dari hulu sumber air yang letaknya kisaran 250 meter dari atas pantai ini.

Pantai Banyu Tibo sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, bahkan jika anda datang saat air laut sedang pasang, anda hanya bisa menikmati pemandangan dari atas tebing.

Namun saat air sedang surut anda bisa dengan leluasa bermain di pantai dengan pasir putih kecoklatan yang lembut juga merasakan segarnya air terjun dari dekat. Bebatuan yang ada di sekeliling pantai ini juga menambah keindahan alami pantai.

Untuk turun ke lokasi pantai, pengelola menyediakan tangga bambu, sehingga Anda atau anak Anda bisa turun di lokasi tepi pantai dan merasakan berada di bawah air terjun.

INDAHNYA PANTAI BANYU TIBO. Suasana Pantai Banyu Tibo Donorojo. (Foto: Dok. Pacitanku)

Lalu bagaimana untuk keamanannya? Tenang, karena pengelola setempat sudah menyediakan jasa penjaga pantai yang ditempatkan di dua titik di tepi pantai.

Sejak mulai dibuka sekitar 6 tahun yang lalu, Kawasan Pantai yang dikelola oleh pemerintah desa Widoro melalui BUMDes ini terus berkembang. Banyak fasilitas yang terdapat di Kawasan wisata ini, seperti warung-warung, mushola, toilet dan lokasi parkir. Adapun untuk tiket masuknya adalah Rp10 ribu.

Bagaimana, tertarik ke kawasan wisata ini? Jangan lupa tetap menjaga kebersihan pantai ya dengan selalu membuang sampah pada tempatnya. Salam pariwisata Pacitan.

Video Pesona Pantai Banyu Tibo Pacitan yang Cantik dengan Air Terjun Tepi Pantai

No More Posts Available.

No more pages to load.