Hadiri Sarasehan dan Lokakarya Pra Ruwat Jagad, Bupati Pacitan Harapkan Desa Kembangkan Potensi Menjadi Kreatif dan Inovatif

oleh -Dibaca 977 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menghadiri sarasehan dan Lokakarya Desa Kreatif Inovatif dalam rangkaian menuju Ruwat Jagad pada Minggu (16/10/2022) yang digelar di Pendopo Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menghadiri sarasehan dan Lokakarya Desa Kreatif Inovatif dalam rangkaian menuju Ruwat Jagad pada Minggu (16/10/2022) yang digelar di Pendopo Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo.

Kegiatan ini merupakan event pra ruwat jagad Pacitan yang puncaknya akan digelar pada Sabtu (5/11/2022) mendatang.

Selain mengikuti sarasehan dan lokakarya, dalam kegiatan itu, Bupati dan para peserta sarasehan juga menari yang diiringi musik Kothekan lengsung ibu-ibu dari Desa Gendaran, Donorojo. Selain itu, Bupati juga menyaksikan seni dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) setempat.

Sarasehan yang mengusung tema “Desa Kreatif Inovatif dan Lokakarya Musik Bambu Rontek Pacitan” menghadirkan narasumber Kepala Desa Gendaran, Wulan Fitirana, CEO dari Festival Payung Indonesia dan Inisiator 1000 event nusantara Heru Mataya dari Kota Surakarta, Jawa Tengah dan Aji Wartono dari Warta Jazz dan penggagas event Ngayogjazz DI Yogyakarta.

Juga digelar lokakarya musik Bambu dengan narasumber Budayawan Pacitan Djohan Perwiranto, koordinator dari event Bukan Musik Biasa Gondrong Gunarto dan Misbach Daeng Bilok seorang penggiat musik dari Song Meri Pacitan.

Baca juga: Pacitan Gelar Event ‘Ruwat Jagad’ untuk Tingkatkan Daya Tarik Wisatawan

Bupati dalam kesempatan itu berpesan agar lebih menggali potensi desa, untuk kemudian dikembangkan dengan lebih kreatif dan inovatif.

Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini, desa-desa di Pacitan bisa lebih kreatif dan berinovasi dalam pembangunan, sehingga mampu menggerakkan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga dalam proses menuju acara Ruwat Jagat diberikan kelancaran, Aminnn YRA,”kata Bupati mengutip akun instagramnya, @inb_indratanurayuaji.

Rencananya, event budaya Ruwat Jagad akan digelar pada Sabtu (5/11/2022). Adapun untuk menuju event tersebut juga digelar Pra Ruwat Jagad 2022 yang digelar Sabtu (15/10/2022) sampai Minggu (16/10/2022) di Desa Gendaran, Donorojo.

Selain sarasehan dan lokakarya, event pra Ruwat Jagad yang digelar di Desa Gendaran juga digelar Wayang Kulit dan Bazar UMKM pada Sabtu (15/10/2022).

No More Posts Available.

No more pages to load.