Bawaslu Pacitan Utamakan Pencegahan Dalam Proses Pengawasan Pemilu

oleh -Dibaca 492 kali
Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus HRW. (Foto: Dok. Pacitanku TV)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pacitan menjadi lembaga pengawasan Pemilu. Namun demikian dalam pelaksanaannya, Bawaslu lebih mengedepankan terhadap pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu.

Baca juga: Bawaslu: Tahapan Pemilu 2024 di Pacitan Berjalan Kondusif

Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus HRW dalam program Podcast Kertas Kosong Pacitanku TV, beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya sudah siap dalam upaya pengawasan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024.

“Kita sudah siap (mengawasi Pemilu), sesuai tugas kita di UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, di Pasal 101 itu tugas kami melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelangagran dan sengketa proses pemilu, (tugas) kita pencegahan dan penindakan,”kata pria yang akrab disapa Berty itu.

Sehingga, kata dia, sesuai dengan tugas di UU tersebut, Bawaslu Pacitan mengutamakan pencegahan terhadap potensi pelanggaran dan sengketa Pemilu.

“Jadi kita utamakan pencegahan dulu, jadi kita sampaikan kepada KPU, kita berikan himauan kepada partai baik secara lisan maupun tertulis terkait pencegahan itu, misalkan tahapan verifikasi Parpol, maka supaya selesai tahapan tersebut,”paparnya.

Sehingga, imbuh Berty, jika meninggalkan sesuatu hal dimana satu pihak merasa dirugikan, maka kegiatan tahapan belum selesai.

“Misalkan berarti itu walaupun sudah ditetapkan parpol sebagai peserta pemilu, kegiatan belum selesai, karena ada yang merasa dirugikan,”tandas dia.

Untuk itu, kata Berty, pihaknya akan menindaklajuti laporan dari masyarakat dengan menyediakan helpdesk Bawaslu yang terletak di Kantor Bawaslu Pacitan, Jalan Letjend MT Haryono, lingkkungan Barehan, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

“Mereka (masyarakat) bisa lapor kita, siapapun dan apapun laporannya kita harus ditindaklanjuti, sehingga helpdesknya kita kasih di depan (Kantor), laporan bisa mudah langsung ketemu dengan petugas di depan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.