Disuguhi ‘Sedan Ijo’, Bupati Sambut Kedatangan Ramadhan dengan Megengan di Sudimoro

oleh -Dibaca 281 kali
DOA BERSAMA. Bupati Aji menghadiri doa bersama dan megengan di Kecamatan Sudimoro pada Kamis (24/3/2022) malam. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Bupati Pacitan kembali menggelar kegiatan berkantor di Kecamatan. Sepekan jelang Ramadhan, Bupati berkantor di Kecamatan Sudimoro dan menggelar kegiatan doa bersama serta menggemakan sholawat pada Kamis (24/3/2022) malam.

Acara tersebut juga dirangkaikan acara megengan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dalam kegiatan itu, lantunan sholawat berpadu indah seirama rampak tetabuhan siddu duror menyambut kehadiran para tamu. Tak hanya itu, masyarakat Sudimoro bersama Bupati Pacitan akan melakukan doa bersama serta menggemakan sholawat.

Mengawali acara doa bersama Bupati menyerahkan santunan kepada anak-anak yatim piatu. Selanjutnya acara berlanjut dengan dzikir tahlil, pembacaan surat Yasin dan doa bersama serta ditutup dengan Mahalul Qiyam atau aktivitas pembacaan kitab-kitab Barjanzi.

“Kulo nyuwun estu-estu keikhlasan panjenengan sedaya, malam ini  melakukan doa bersama sekaligus dirangkaikan dengan megengan,” kata Bupati mengutip siaran pers Prokopim.

Sekali lagi Mas Aji menegaskan, kegiatan doa bersama ini merupakan rangkaian dari ikhtiar batin dalam menunjang ikhtiar lahir membangun Pacitan.

Bupati muda itu yakin usaha lahiriah apapun jika mendapat dukungan doa yang ikhlas maka akan mendapatkan keberkahan dari Tuhan yang maha kuasa.

Seperti tradisi saat megengan, Bupati Pacitan juga mendapatkan suguhan ‘sedan ijo’. ‘Sedan ijo’ adalah makanan khas megengan di Pacitan yang dibungkus menggunakan daun pisang dan mirip dengan miniatur mobil sedan dan berwarna hijau. Itulah yang menyebabkan hidangan khas megengan di Pacitan ini disebut ‘sedan ijo.’

No More Posts Available.

No more pages to load.