Indahnya Pemandangan Kota Pacitan Dari Puncak Bukit Brenggolo

oleh -Dibaca 2.341 kali
Indahnya Pemandangan Kota Pacitan Dari Puncak Bukit Brenggolo Desa Plumbungan. (Foto: Dok. Tim PKL STKIP PGRI Pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Pacitan dikenal dengan berbagai wisata alamnya yang luar biasa. Selain deretan goa dan pantai yang ada di Pacitan, pegunungan juga memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat untuk menikmati pemandangan.

Salah satu spot alam yang dapat dijadikan pilihan untuk menikmati pemandangan kota Pacitan adalah Bukit Brenggolo.

Bukit Brenggolo berada di Dusun Tenggar, Desa Plumbungan, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Untuk menuju ke Bukit Brenggolo diperlukan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota, sedangkan untuk mendaki ke atas bukit memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. Medan untuk menuju puncak Bukit Brenggolo tidak terlalu sulit, namun harus tetap berhati-hati karena banyak guguran dedauan yang cukup licin.

Dari puncak bukit pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Pacitan sekaligus hamparan lautan.

Selain bisa melihat pemandangan yang menyegarkan, pengunjung pun bisa menikmati sunset apabila cuaca mendukung.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan semilir angin dan udara segar yang akan membuat suasana semakin nyaman. Suasana yang sepi dan jauh dari keramaian kota membuat siapa saja yang berkunjung akan merasakan damai dan tenang

Puncak dari Bukit Brenggolo sendiri berupa bebatuan, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan tempatnya yang buntu atau penuh dengan semak-semak.

Selain itu, saat perjalanan menuju puncak pengunjung akan disambut dengan pemandangan khas desa, yaitu area persawahan terasering dan deretan pohon jati.

“Tidak ada yang tahu pasti terkait sejarah dari bukit Brenggolo. Sampai saat ini tidak banyak orang yang berkunjung karena memang lokasinya di desa terpencil. Paling tidak hanya masyarakat sekitar yang ke atas bukit sekedar untuk menikmati pemandangan kota,” jelas Suyanto (52), salah seorang warga setempat ketika ditemui tim PKL STKIP PGRI Pacitan pada Selasa (8/2/2022)

Meskipun keberadaan dari Bukit Brenggolo sendiri belum diketahui banyak orang karena tempatnya yang berada di pelosok, namun apabila berkunjung ke Desa Plumbungan, Bukit Brenggolo dapat dijadikan salah satu pilihan tempat spot foto dengan view pemandangan kota dan lautan ataupun sekedar berkunjung untuk menikmati udara segar dari pegunungan.

Ditulis oleh Tim PKL STKIP PGRI Pacitan
Indriana Retnawati dan Rahmat Dani

No More Posts Available.

No more pages to load.