Batik Makin Diminati, Suprihatin Kembangkan Usaha Batik Sekar Ayu Khas Pacitan

oleh -Dibaca 2.070 kali
Produk Batik Sekar Ayu Sudimoro Pacitan.

Pacitanku.com, SUDIMORO – Banyaknya masyarakat yang menyukai batik, membuat beberapa orang menekuni kerajinan batik bahkan mendirikan usaha batik. Usaha batik yang berdiri secara pribadi salah satunya adalah batik Sekar Ayu yang berada di Bubakan, Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

“Saya mulai mendirikan usaha batik Sekar Ayu ini sejak tahun 2019,” kata Suprihatin (43), pemilik usaha batik Sekar Ayu saat ditemui Tim PKL STKIP PGRI Pacitan pada Minggu (6/2/2022).

Berdirinya usaha batik Sekar Ayu ini dengan mempertimbangkan banyaknya peminat batik di Sudimoro dan sekitarnya juga karena usaha batik belum ada yang mendirikan. Sebelum mendirikan usaha batik Sekar Ayu tersebut, Suprihatin (43) menjalani pelatihan terlebih dahulu.

“Sebelum mendirikan usaha batik ini, saya mendapat pelatihan dulu dari dinas di bawah naungan PKK desa. Setelah itu Batik Sekar Ayu ini saya dirikan sebagai usaha pribadi. Batik itu kan di daerah sini belum ada. Terus banyak warga yang ingin menyalurkan karya membatik. Jadi, saya punya ide untuk membuat suatu kelompok yaitu kelompok batik,” ungkap Suprihatin.

Usaha batik Sekar Ayu tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Bahkan mampu membantu perekonomian keluarga bagi beberapa masyarakat sekitar. Lambat laun, batik Sekar Ayu pun mulai dikenal masyarakat luas.

Produk Batik Sekar Ayu Sudimoro Pacitan.

“Saya itu mendirikan usaha batik untuk menambah penghasilan keluarga saya dan ibu-ibu rumah tangga di sini. Dengan adanya usaha batik ini, ibu-ibu di sini sedikit-sedikit bisa membantu keuangan keluarga. Alhamdulillah, pemesan batik tidak hanya masyarakat sekitar tapi masyarakat luar daerah sini juga sudah banyak” tambahnya.

Dengan didirikannya batik Sekar Ayu tersebut, peminat yang berdatangan tidak hanya dari masyarakat sekitar, namun merambah ke masyarakat luas. Batik Sekar Ayu pun menjadi usaha batik yang tidak hanya mampu membantu perekomomian masyarakat sekitar namun juga membantu melestarikan eksistensi batik.

Jenis batik yang diproduksi oleh Sekar Ayu diantaranya yaitu batik tulis, batik cap, dan batik semprot. Ketiga jenis batik tersebut tentunya memiliki keunikan tersendiri serta cara pembuatan yang berbeda.

Harga yang dipatok untuk batiknya pun bermacam-macam dan terbilang cukup terjangkau. Untuk harga batik tulis berkisar Rp 150-Rp 225 ribu. Sedangkan untuk harga batik cap berkisar antara Rp 100-Rp 150 ribu.

Penikmat batik wajib untuk mendatangi lokasi dari batik Sekar Ayu untuk memanjakan mata dengan beragamnya kain batik. Penikmat batik bisa memesan kain batik untuk perorangan atau juga kelompok. Dengan motif-motif khas Pacitan dan modifikasinya membuat kain batik yang dihasilkan terlihat cantik dan elegan.

Ditulis oleh Tim PKL STKIP PGRI Pacitan
Anggi Eria Rahayu dan Ellza