Menginap di Alam Terbuka, Cara Unik Bupati Kenalkan Spot Keindahan Alam Pacitan

oleh -Dibaca 2,520 kali
MENGINAP DI ALAM TERBUKA. Rombongan Bupati Pacitan saat menginap di BUkit Jatisari, Desa Belah, Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Beragam cara dilakukan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji untuk mempromosikan wisata Pacitan agar lebih dikenal. Namun tak melulu obyek wisata pantai atau goa yang menjadi target Bupati untuk dipromosikan, Bupati juga memanfaatkan momen berkantor di Kecamatan untuk mempromosikan spot-spot menarik di pegunungan Pacitan.

Sejak agenda Bupati berkantor di Kecamatan pada bulan Januari 2022 lalu, setidaknya ada tiga spot pegunungan Pacitan yang dijadikan tempat Bupati untuk mempromosikan spot-spot menarik di pegunungan Pacitan denan cara menginap di alam terbuka.

Pada Kamis (13/1/2022) hingga Jumat (14/1/2022) lalu, Bupati Aji menginap di Bukit Sidodadi, Dusun Sidodadi, Desa Jeruk, Kecamatan Bandar. Saat itu, Bupati Bersama Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim mendirikan tenda di lokasi dengan ketinggian hampir 1.000 meter dari permukaan laut.

Bupati bersama Dandim 0801/Pacitan menikmati keindahan bukit Sidodadi pada Jumat (14/1/2022). (Foto: Dok. prokopim Pacitan)

Api unggun yang dinyalakan mengurangi hawa dingin pegunungan, apalagi ramah tamah dan bercengkerama santai dengan warga setempat membuat suasana menjadi tambah hangat.  Bukit Sidodadi merupakan salah satu spot dengan view yang sangat indah. Di sebelah utara jika cuaca cerah akan nampak Gunung Lawu, sedangkan sisi sebaliknya view Teluk Pacitan.

Dengan ketinggian hampir 1.000 mdpl (meter dari permukaan laut), kawasan pertanian yang terletak di Desa Jeruk Kecamatan Bandar ini lumayan sejuk bahkan cenderung dingin.

Bupati mengatakan view yang ada di Kawasan bukit Sidodadi, Desa Jeruk, Kecamatan Bandar itu adalah Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Magetan.

“Ini yang perlu diketahui, kami campingnya ini di ladang, kalau sekarang ini di depan ini ada Lombok, biasanya disini ditanami brambang (bawang merah), viewnya depan sana ini kita menghadap Ponorogo, Magetan sama gunung lawu. Tadi malam gunung lawu cerah sekali, mantap lah, di ladang pun keren, apalagi yang di tempat wisata beneran. Ya kan pak dandim ya, dijawab ok. Ada banyak tendanya,”papar Bupati saat itu

Sepekan berselang, giliran perbukitan di Kecamatan Nawangan yang menjadi sasaran Bupati untuk menginap di alam terbuka sekaligus mempromosikan keindahan alam Pacitan dari pegunungan.

Ngecamp. Bupati Aji bersama sejumlah pejabat dan Forkopimda ngecamp di bukit Mawur, Kecamatan Nawangan pada Kamis (27/1/2022) malam hingga Jumat (28/1/2022) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

Saat itu, Bupati menginap di Bukit Mawur, Dusun Krajan, Desa Nawangan, Kecamatan Nawangan. Suasana di Kawasan Bukit Mawur sendiri adalah panorama dengan view terasiring pesawahan pegunungan, Bukit Mawur menjadi salah satu pilihan lokasi bagi yang suka kegiatan outdoor.

Terakhir pada awal Februari lalu, Bupati giliran menginap di bukit Jatisasi, Desa Belah Kecamatan Donorojo.

Mengutip laman Prokopim Pacitan, bukit Jatisari, Desa Belah sendiri dipilih karena bukit terasiring ini memiliki pemandangan sangat indah. Menghadap langsung ke wilayah Jawa Tengah sejauh mata memandang terpampang view kelap kelip lampu kawasan Giriwoyo saat malam.

MENGINAP DI ALAM TERBUKA. Rombongan Bupati Pacitan saat menginap di Bukit Jatisari, Desa Belah, Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Bahkan, dari Bukit Jatisari ini bendungan Pidekso Wonogiri yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo jelas terlihat. Pemandangan alam dari bukit dengan ketinggian sekitar 300 mdpl sangatlah indah.

Lurus kedepan tepatnya sebelah utara adalah kawasan Giriwoyo Wonogiri dan nampak kejauhan Gunung Lawu.  Sedangkan disisi kiri jika cuaca cerah kita bisa menyaksikan view Gunung Merapi dan Merbabu.

No More Posts Available.

No more pages to load.