Cerita Tentang Soekotjo, Pejuang Kemerdekaan di Pacitan yang Juga Ayah Presiden ke-6 RI SBY

oleh -Dibaca 2.895 kali
HR Soekotjo ayah dari SBY. (Foto: Dok Instagram Agus Yudhoyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Momen hari Pahlawan tahun 2021 ini, tentu banyak sekali pahlawan yang turut membantu dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah sosok Alm Peltu (Purn) HR Soekotjo.

HR Soekotjo adalah ayah dari Presiden ke-6 RI yang juga putra Pacitan, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Cucu dari HR Soekotjo, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menceritakan sosok kakeknya tersebut yang merupakan salah satu pejuang kemerdekaan RI.

“Eyang Soekotjo lahir dari keturunan Pondok Pesantren Gontor, mengenyam pendidikan di Taman Siswa dan juga pernah belajar sebagai santri saat remaja namun tidak tamat karena harus memenuhi panggilan ibu pertiwi untuk masuk angkatan perang melawan penjajah,”kata AHY dikutip dari laman Instagramnya @agusyudhoyono pada Rabu (10/11/2021).

Lebih lanjut, AHY mengatakan saat HR Soekotjo bertugas di Pacitan, kakek AHY menjabat sebagai anggota TNI berpangkat pembantu letnan satu dengan jabatan Komandan Komando Rayon Militer (Danramil).

“Masyarakat Pacitan mengenalnya sebagai prajurit yang teguh pendirian, cerdas serta selalu tenang dalam menghadapi berbagai masalah. Pimpinannya memberikan kepercayaan menjabat Danramil sampai empat kali, hingga pensiun pada tahun 1971,”jelas AHY.

Selain itu, AHY mengatakan, dalam dinas ketentaraan, HR Soekotjo menerima sejumlah penghargaan dan tanda jasa.

“Antara lain medali Sewindu Angkatan Perang Republik Indonesia; Sl. Peristiwa Aksi Militer Satu, dan Dua; Sl. Veteran Pejuang Kemerdekaan RI; Sl medali Pejuang Angkatan 1945; Sl Operasi Gerakan Militer Satu; Sl Kesetiaan Delapan Tahun,”papar AHY.

Selain berkarier di dunia militer, AHY menceritakan Kakeknya tersebut juga pernah menjadi Kepala Kantor Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Ketua Dewan Masjid Indonesia, maupun Ketua Paguyuban Haji di Pacitan.

“Seumur hidupnya, Eyang Soekotjo mengabdikan diri untuk kemerdekaan ibu pertiwi serta kebaikan masyarakat luas,”tandas dia.

Menurut AHY, sosok Soekotjo adalah satu dari sekian banyak veteran Indonesia yang memberikan segalanya untuk kemerdekaan negeri.

Nama Pak Soekotjo dan para veteran ini mungkin jarang terdengar, tapi keringat, air mata dan darah mereka para pahlawan yang mengantar Indonesia sampai pada saat ini.

“Beliau adalah pahlawan bagi saya, seorang kakek yang perjalanan hidupnya menjadi pelajaran berharga bagi diri sendiri dan anak cucu. Pada beliau pulalah, saya berkaca tentang pengabdian tanpa batas pada bangsa dan negara,”pungkasnya.

Soekotjo sendiri dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bunga Bangsa, Kabupaten Pacitan, bersama para pahlawan lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.