DHC BPK’45 Pacitan Gelar Sarasehan Nilai Kebangsaan

oleh -1 Dilihat
Sarasehan Nilai-nilai kebangsaan Hari Pahlawan, Sabtu (11/11/2017). (Foto: SRW/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (BPK’45) Pacitan menggelar sarasehan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda saat peringatan Hari Pahlawan pada Sabtu (11/11/2017) di Gedung Karya Dharma, Pendopo Kabupaten Pacitan.

Ada dua pemateri dalam sarasehan yang diikuti ratusan pelajar se-Kabupaten Pacitan tersebut. Materi tersebut adalah materi sejarah, dimana sejarawan Tessy Sudibyo mengupas perang palagan tumpak rinjing. Sementara materi kedua adalah nasionalisme yang dipaparkan oleh Komandan Komando Distrik Militer 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang.

Dalam kesempatan tersebut, sejarawan Tessy Sudibyo  menyampaikan materi tentang sejarah pertempuran Palagan Tumpak Rinjing, yang terjadi di Dusun Gesingan, Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku.

“Palagan tumpak rinjing adalah  pertempuran-pertempuran kecil melawan Belanda yang terjadi di Pacitan dalam memeperjuangkan kemerdekaan. Walaupun kecil tetapi palagan tumpak rinjing mempunyai pengaruh yg besar dan membut belanda kocar-kacir,”katanya.

Lebih lanjut, Tessy mengatakan bahwa dengan adanya palagan tumpak rinjing perjuangan bangsa Indonesia diperhitungkan belanda. “Kita perlu bangga karena Palagan tumpak rinjing menjadi tonggak sejarah terjadinya kemerdekaan Indonesia,”ujarnya lagi.

Baca juga: 2.541 Peserta Semarakkan Lomba Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing

Sementara, Dandim 0801/Pacitan Letkol Aristoteles yang menyampaikan materi nasionalisme mengatakan bahwa Indonesia sebagai Zamrud khatulistiwa aman tentram makmur.

“Tetapi semua itu tidak datang tiba-tiba, dan datang secara gratis, kemerdekaan yang kita peroleh adalah hasil jerih payah, dan jutaan korban jiwa dari para pejuang yang telah mempertaruhkan jiwa raganya untuk kemerdekaan indonesia,”ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa Indonesia akan maju apabila mempunyai Nasionalisme, dan tidak akan maju hanya mempunyai jiwa nasionalisme kelompok. “Melalui jiwa nasionalisme kita akan mampu memajukan Indonesia dimasa yang akan datang,”tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan hadiah lomba gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing yang berlangsung pada Sabtu (4/11/2017) pekan lalu.

Baca juga: Ini Hasil Lomba Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing 2017

Hadir dalam kesempatan sarasehan tersebut Yudi Sumbogo Wakil Bupati Pacitan, Kepala Kesbangpol Suharyanto, Kepala Dinas Perhubungan Wasi Prayitno, Ketua DHC-BPK’45 Imam Haryono, Kepala Satpol PP Supardiyanto dan para peserta gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing. (SRW/RAPP002)

No More Posts Available.

No more pages to load.