Pacitan Targetkan Raih 2 Emas di POR SD/MI Jatim 2017

oleh -131.667 views
Indartato saat melepas KOntingen Pacitan di POR SD/MI 2017. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kontingen Kabupaten Pacitan menargetkan meraih dua medali emas dalam Pekan Olahraga Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah ( POR SD/MI) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 yang akan digelar di Kabupaten Lumajang pada Senin (13/11/2017) hingga Sabtu (18/11/2017) mendatang.

Selain dua emas, Pacitan juga menargetkan meraih satu perak dan satu perunggu dalam even olahraga dua tahunan tersebut.

 “Mudah-mudahan bisa berprestasi dan mampu mencapai target perolehan medali. Syukur-syukur bisa lebih,”kata Indartato saat melepas kontingen Pacitan, Sabtu (11/11/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dalam perhelatan POR Kali ini, atlet-atlet yang tergabung dalam kontingen Kabupaten Pacitan total berjumlah 57 orang yang terdiri dari 38 atlet, 11 official, dan delapan orang pendamping.

Pada even olahraga antar sekolah tingkat dasar tersebut,  Pacitan mengikuti sembilan cabang olahraga (cabor) dari 14 cabor yang dipertandingkan. Kesembilan cabor itu adalah bola voli mini, renang, tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bulutangkis, atletik, catur, serta senam.

Sebelumnya, secara terpisah Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Provinsi Jatim, Dudi Harjantoro mengatakan, POR SD/MI ini diikuti seluruh 38 kabupaten/kota se-Jatim yang diperkirakan mencapai 5.000 peserta.

Kegiatan ini akan diselenggarakan di Lumajang pada November 2017 mendatang. Event kegiatan olahraga dua tahunan ini diharapkan untuk mencari bibit atlet yang potensial di usia dini.

 “Saya kira SD/MI itu bibit awal di usia dini sehingga pekan olahraga ini merupakan cikal bakal pembibitan olahraga. Kalau itu tidak diperhatikan, disitu bibit potensi itu akan hilang, bibit ditemukan di usia dini,” terangnya.

Dudi menjelaskan, murid SD dan MI merupakan dasar untuk dijadikan pembibitan atlet olah raga yang berbakat dan potensial.

“Makanya itu diadakan pekan olahraga SD/MI pada bulan November. Setelah POR SD/MI akan ada Popda (Pekan Olahraga Pelajar) dari tingkat SMP,SMA dan sederajat,” katanya. (Humas Pemkab/RAPP002)