3.500 Peserta Ikuti POR SD/MI se-Jatim 2017

oleh -131.803 views
Indartato saat melepas KOntingen Pacitan di POR SD/MI 2017. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, LUMAJANG – Sebanyak 3.500 peserta mengikuti Pekan Olahraga SD/MI se-Jawa Timur yang dibuka Wakil Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Supratomo di alun-alun Kabupaten Lumajang, Senin (13/11/2017) kemarin.

“Kegiatan dua tahunan itu merupakan ajang pencarian bibit-bibit atlet berprestasi di Jawa Timur dan untuk POR SD/MI Jatim tahun ini tercatat sebanyak 11 cabang olahraga dan 1 cabang ekshibisi yang akan dipertandingkan,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim Supratomo di Kabupaten Lumajang.

Menurutnya cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, bola voli mini, bulu tangkis, catur, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja dan satu cabang olahraga ekshibisi yakni selam.

Setidaknya 3.500 peserta dan 107 nomor pertandingan akan diperebutkan gelar juaranya dalam POR SD/MI Jatim yang digelar di Kabupaten Lumajang pada 13-18 November 2017.

“POR SD/MI merupakan pondasi dalam sistem pembibitan dan pembinaan olahraga di Jatim, untuk itu Pemprov Jatim melalui Dispora berkomitmen untuk mengembangakan tata kelola keolahragaan terpadu, berjenjang, berkelanjutan dan berbasis terhadap spot sains atau Iptek,” katanya.

Baca juga: Pacitan Targetkan Raih 2 Emas di POR SD/MI Jatim 2017

Sementara Wakil Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai tuan rumah.

“Saya bertekad untuk lebih mengembangkan kegiatan keolahragaan baik dalam lingkup provinsi, nasional maupun internasional. Olahraga dapat menumbuhkan budaya dispilin, konsistensi, kompetitif, persahabatan, persatuan dan kesatuan, serta olahraga dapat membentuk karakter bangsa, apabila dimaknai dengan baik,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Lumajang itu berjalan dengan baik dan meminta kepada peserta, agar berkompetisi dengan baik dan meminta kepada juri, agar bersikap profesional dan objektif.

“Kabupaten Lumajang mengirimkan perwakilan sebanyak 154 orang. Saya berharap kontingen Lumajang bisa memberikan hasil yang maksimal dan membanggakan,” ujarnya.

POR SD/MI Jatim yang digelar di Kabupaten Lumajang tersebut menggunakan maskot “Mas Kencak” yang terinspirasi dari budaya seni khas Kota Pisang tersebut yaitu Jaran Kencak yang diikuti kontingen 38 kabupaten/kota di Jatim. (Ant/RAPP002)