Propam akan Tindak Tegas Polisi Jika Lakukan Pungli Saat Operasi

oleh -131.450 views
Suasana operasi Zebra Semeru hari pertama. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Profesi dan Pengamanan (Propam) Kepolisian Resor (Polres) Pacitan melakukan pengawasan terhadap kegiatan operasi “Zebra Semeru” yang digelar oleh Polres Pacitan.

Kasie Propam Polres Pacitan, Iptu Suluri, sebagaimana dikutip Pacitanku.com dari laman Polrespacitan.com pada Sabtu (11/11/2017) menuturkn bahwa pengawasan ini adalah sebagai upay menghindari pelanggaran dan pungli maupun arogansi petugas kepolisian di lapangan saat melakukan razia.

Baca juga: Ditilang Polisi, Siswi SMKN 1 Pacitan ini Menangis

“Kegiatan yang rutin dilaksanakan saat penggelaran pasukan di lapangan tersebut merupakan bagian fungsi kontrol untuk pencegahan adanya pungutan liar maupun pelanggaran lainnya yang dilakukan anggota saat menjalani tugas operasi,”ungkapny.

Dia mengatakan bahwa  seksi propram selalu dilibatkan dalam pelaksanaan operasi kepolisian yang dilaksanakan.

“Kegiatan tersebut selain dalam rangka mendata keberadaan personel saat operasi juga dalam rangka pengawasan dan pencegahan terjadinya pungli atau penyalahgunaan wewenang anggota dalam Operasi Zebra tersebut,”tandasnya.

Baca juga: Puluhan Pengendara di Pacitan Terjaring Operasi Zebra

Suluri mengatakan bahwa selama sepekan mengikuti Operasi Zebra tidak ditemukan adanya pelanggaran anggota di lapangan baik tindakan pungutan liar (pungli) maupun pelanggaran atau penyimpangan yang lainnya.

“Propam akan menindak tegas anggota jika ditemukan dan terbukti melakukan pungli,” tegasnya.

Selama Operasi Zebra 2017 yang berlangsung 14 hari tersebut, personel Propam akan terus mengikuti dan melakukan pengawasan personel agar tidak terjadi penyimpangan ataupun pelanggaran yang dilakukan anggota dalam pelaksanaan operasi tersebut.

Baca juga: Polres Pacitan Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari

Sebagi inormasi, Polres Pacitan menggelar operasi dengan sandi “Zebra Semeru 2017” selama 14 hari mulai tanggal 1 sampai 14 November dengan melibatkan Sebanyak 32 personel Polres Pacitan dan dari anggota di Polsek jajaran.(RAPP002)