Capaian Vaksinasi di Pacitan 51,1 Persen Tapi PPKM Kok Masih Level 3, Apa Sebabnya?

oleh -Dibaca 660 kali
VAKSINASI. Petugas vaksinasi PMI Pacitan memberikan suntikan dosis 1 vaksinasi yang digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung pada Rabu (13/10/2021). (Foto: Dok. PMI Pacitan for Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan mencatat angka capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Pacitan sudah mencapai 51,1 persen per Selasa (19/10/2021). Prosentase capaian vaksinasi ini tak lepas dari kerja keras semua pihak dalam mempercepat vaksinasi di Pacitan.

“Data per tanggal 19 Oktober 2021, pelaksanaan vaksin Kabupaten Pacitan perhitungan manual 51,1 persen atau 241.567 orang, kalau melihat data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) di Pacitan 49,05 persen per 19 Oktober 2021,”kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka saat dihubungi Pacitanku.com, Rabu (20/10/2021) di Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa dr Hendra ini menambahkan, total capaian vaksinasi 51,1 persen tersebut terbagi ke 29 pos vaksinasi di Pacitan, dengan rincian 24 Puskesmas dan sejumlah fasilitas kesehatan lainnya yaitu RSUD dr Darsono, PKU Muhammadiyah, Poskes DKT, Poskes Polres dan RS Ibu dan Anak Agung Mulia.

Namun demikian, meski saat ini capaian vaksinasi di Pacitan sudah 51,1 persen, level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 53 tahun 2021 tentang PPKM Level 3,2,1 di Jawa-Bali, Pacitan masih berada di posisi level 3.

Plt Kadinkes Hendra Purwaka. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Dalam Inmengadri yang diteken oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian pada Senin (18/10/2021) tersebut, Pacitan masih berada di level 3 bersama 23 daerah lain di Jawa Timur, termasuk sejumlah Kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan.

Terkait hal itu, dr Hendra menjelaskan bahwa capaian vaksinasi saat Inmendagri terbit masih kurang dari 50 persen. Dimana salah satu syarat penurunan level PPKM dari level 3 ke level 2 adalah status vaksinasi lebih dari 50 persen.

“Karena saat Inmendagri terbit kemarin (Senin), kita (vaksinasi di Pacitan) masih kurang 50 persen dan (vaksinasi) lansia kurang jauh dari 40 persen, sedangkan kriterianya masuk level 2 berdasarkan Inmendagri adalah status vaksin total, lebih dari 50 persen dengan status vaksin lansia lebih dari 40 persen,”papar dr Hendra.

Atas kondisi tersebut, dr Hendra berharap vaksinasi bisa terus digencarkan dan berjalan dengan lancar dan sukses agar PPKM turun level dan mewujudkan herd imunnity masyarakat Pacitan.“Mohon doa restunya, supaya (vaksinasi di Pacitan) lancar dan sukses,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Pencanangan Vaksinasi di Pacitan Berjalan Lancar, Ketua DPRD Sempat Deg-degan, Ada Apa?

No More Posts Available.

No more pages to load.