Bahu Membahu Kejar Target, PMI Pacitan Gelar Vaksin untuk 600 Sasaran Warga Kebonagung

oleh -Dibaca 406 kali
VAKSINASI. Petugas vaksinasi PMI Pacitan memberikan suntikan dosis 1 vaksinasi yang digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung pada Rabu (13/10/2021). (Foto: Dok. PMI Pacitan for Pacitanku.com)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan DInas Kesehatan (Dinkes) Pacitan terus berupaya bekerja sama mengejar target vaksinasi yang dicanangkan dalam rangka menuju herd immunity masyarakat dari paparan coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Terbaru, PMI Pacitan menggelar vaksinasi dengan jumlah total 600 sasaran untuk warga di seputaran Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung pada Rabu (13/10/2021).

“Kebetulan PMI tahap pertama ini dapat bantuan vaksin dari Provinsi dari PMI pusat itu 2000 dosis, untuk penyebarannya hari ini di Desa Sidomulyo Kebonagung sebanyak 600 sasaran,”kata Bendahara PMI Pacitan, Sujarno saat dihubungi Pacitanku.com, Rabu siang.

Dari total 600 sasaran, hingga Rabu sore, sebanyak 484 orang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung telah disuntik vaksin. Sementara 11 orang ditunda dengan alasan belum memenuhi syarat karena tensi cukup tinggi.

Selain di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, pria yang akrab disapa Jarno juga mengatakan jatah 2000 dosis vaksinasi tahap pertama itu juga akan diperuntukkan untuk warga di Kecamatan Tegalombo dan Tulakan.

“Selain disini, juga akan dilakukan vaksinasi tahap pertama di Kecamatan Tulakan dengan target sasaran 900 dosis dan juga di Kecamatan Tegalombo,”ujarnya.

Lebih lanjut, Jarno mengatakan kegiatan vaksinasi yang dilakukan PMIPacitan itu bagian dari upaya bahu membahu mendukung target capaian vaksinasi,yang terdekat adalah 50 persen vaksinasi di akhir Oktober dan juga bulan Desember dengan target 70 persen masyarakat Pacitan sudah menjalani vaksinasi.

“Saat ini kan Pacitan baru sekitar 30 persen,lha untuk mendukung penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  dari level 3 ke level 2,kita membantu mendukung target tersebut, yakni meingkatkan orang Pacitan agar lebih banyak di vaksin, selain itu juga untuk menuju herd immunity, dan Pak Bupati juga sudah manergetkan sampai Desember 2021 70 persen masyarakat harapaannya sudah divaksin,”pungkasnya.

Target capaian vaksinasi 50 persen pada akhir bulan Oktober tersebut kembali ditegaskan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Donorojo pada Jumat (8/10/2021) lalu.“Saya berharap di akhir bulan ini, 50 persen masyarakat sudah tervaksin,”tandas Bupati Aji saat itu.

Selain dalam upaya membentuk herd immunity, upaya target 50 persen vaksinasi itu juga sebagai syarat agar di Pacitan bisa mengalami penurunan level PPKM.

Sebagai informasi, salah satu indikator penurunan level PPKM di kabupaten-kota dari level 3 menjadi level 2 adalah dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 50 persen dan capaian vaksinasi lansia harus mencapai 40 persen. (red/DP)

Video Pencanangan Vaksinasi di Pacitan Berjalan Lancar, Ketua DPRD Sempat Deg-degan, Ada Apa?

No More Posts Available.

No more pages to load.