Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Pacitan Terasa Hingga Jogja, ini Analisis dari BMKG

oleh -Dibaca 634 kali
Ilustrasi gempabumi

Pacitanku.com, PACITAN –  Gempa bumi 4,8 Magnitudo mengguncang Pacitan, Rabu (13/10/2021). Gempa Terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Pusat gempa berada di laut 78 km selatan Pacitan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di kedalaman 55 Km di 8.87 Lintang Selatan dan 110.97 Bujur Timur. Guncangan akibat gempa tersebut bisa dirasakan daerah Trenggalek, Wonogiri, Gunung Kidul, Bantul hingga Yogyakarta.

Kepala Stageof Sleman Ikhsan dalam siaran persnya mengatakan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Euroasia terhadap Lempeng Indoaustralia di selatan Jawa.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Treggalek III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),”jelas Ikhsan.

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan hingga hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 WIB, tidak tercatat gempa susulan (aftershock).

Dia juga mengimbau masyarakat  tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,”paparnya.

Sementara, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya relatif kecil untuk menciptakan deformasi dasar laut,”kata Daryono melalui unggahannya di twitter.

Selain itu,Daryono mengatakan gempa Pacitan-Yogyakarta Magnitudo 4,8 tadi berpusat di dalam slab lempeng Indo-Australia (gempa intraslab).

“Dugaan saya gempa Pacitan-Yogyakarta Magnitudo 4,8 tadi berpusat di dalam slab lempeng Indo-Australia (gempa intraslab) karena groundmotion yang terpancar dari sumbernya lebih kuat dari gempa kebanyakan mag 4,8 dari sumber lain,”pungkasnya. (red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.