Dinkes Targetkan Prosentase Vaksinasi di Pacitan Capai 50 Persen Pada Akhir Oktober

oleh -Dibaca 472 kali

Pacitanku.com, PACITAN — Gerak cepat pemerintah kabupaten Pacitan bersama jajaran forkopimda mempercepat capaian vaksinasi di Pacitan terus dilakukan.

Hal ini di dorong karena dengan semakin banyaknya prosentase vaksinasi maka suatu wilayah akan lebih cepat dalam menerapkan herd immunity.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan menargetkan vaksinasi di Pacitan mencapai 50 persen pada akhir Oktober 2021.

“Selama ini kita belum tercapai sasaran (vaksinasi) karena terkait dengan ketersediaan vaksin, nah sekarang diupayakan kalau misal stok habis kita minta, makanya pak bupati memerintahkan untuk segera diinformasikan ke Kecamatan-kecamatan dan dibagi habis,”jelas Hendra saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (2/10/2021).

Jika stok vaksin habis, Hendra mengatakan pihaknya bisa meminta bantuan dari TNI, Polri dan juga Organisasi Masyarakat (Ormas)

“Nanti kalau habis setelah itu minta untuk TNI Polri maupun Ormas tertentu baru kita upayakan agar segera terdistribusikan,”tandas dia.

Di sisi lain, Hendra mengatakan format penyaluran vaksin ke depan akan di bagi rata tiap kecamatan dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Sehingga, dia berharap hal tersebut dapat mempercepat vaksinasi di masyarakat.

“Selama ini kalau ada data baru kita bagi sesuai sasaran proporsi baru kita bagi, ke depan misal satu kecamatan kita bagikan sekian ribu itu harus habis dalam beberapa hari,”jelas dia.

Atas kondisi itu, Hendra menargetkan akhir bulan Oktober 2021 sebanyak 50 persen masyarakat Pacitan sudah mendapatkan suntik vaksin COVID-19.

Dalam pelaksanaan vaksinasi di lapangan, Hendra mengatakan ada sejumlah kesulitan di lapangan. Salah satunya adalah mapping atau memetakkan persebaran jenis vaksin, mengingat terdapat beberapa jenis vaksin yang digunakan masyarakat.

“Namun implementasi di lapangan yang sulit adalah memapping vaksin apa yang digunakan oleh masyarakat kan ada beberapa jenis vaksin dengan interval waktu yang berbeda,”pungkasnya.

Sebagai informasi, angka COVID-19 di Pacitan terus melandai. Namun di sisi lain, jumlah prosentase vaksinasi di Pacitan masih dibawah 50 persen, sehingga Pacitan masih masuk PPKM level 3.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.