Capaian Vaksinasi di Pacitan Masih Relatif Kecil, Dibutuhkan Peran Proaktif Masyarakat

oleh -Dibaca 510 kali
GURU DIVAKSIN. Guru di Kecamatan Bandar saat menjalani vaksinasi oleh petugas dari Dinkes Pacitan beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Prosentase capaian vaksinasi di Kabupaten Pacitan masih relatif kecil. Berdasarkan informasi yang dihimpun, capaian vaksinasi di Pacitan baru 16 persen. Angka tersebut jauh jika dibandingkan dengan Kota Surabaya yang sudah mencapai 87 persen.

“Prosentase capaian (vaksinasi) total di Kabupaten Pacitan masih relatif kecil,”kata juru bicara tim komunikasi publik Satuan Gugus Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, Jumat (17/9/2021).

Sehingga, untuk mendorong peningkatan prosentase vaksinasi, kata Rachmad, penting agar masyarakat tidak ragu dan takut menjalani vaksinasi.

“Guna mempercepat terjadinya herd imunity maka sangat penting artinya masyarakat untuk tidak perlu takut dan ragu untuk meñjalani vaksinasi COVID-19, mengingat prosentase  capaian total kabupaten pacitan masih relatif kecil,”jelasnya.

Rachmad mengatakan, peran proaktif masyarakat penting sebagai salah satu modal pengendalian COVID-19 di Pacitan.

“Dibutuhkan peran proaktif masyarakat untuk pelaksanaan vaksinasi. Semoga ke depan prokes tetap terjaga dan vaksinasi bisa meningkat dimana hal ini menjadi modal untuk pengendalian COVID-199 di kabupaten pacitan,”jelas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Selain itu, Rachmad mengatakan selain vaksinasi, kata kunci penanganan COVID-19 adalah tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam segala situasi.

“Utamanya 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, penerapan disiplin 3 M, kata Rachmad, jangan sampai kendor dan tetap disiplin menjalankan prokes meski sudah divaksinasi,”pungkasnya.

Saat ini Pacitan sendiri sudah memasuki level zona kuning penyebaran COVID-19 setelah beberapa bulan sempat berada di zona merah dan zona orange.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Pacitan Kebut Vaksinasi Guru

No More Posts Available.

No more pages to load.