Penjelasan Ketua DPRD Terkait Polemik Pemilihan Sekretaris Komisi IV Berujung Aksi Walk Out

oleh -Dibaca 549 kali
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono memberikan penjelasan terkait dinamika pemilihan sekertaris komisi IV DPRD Pacitanyang sempat memanas.

“Di dalam kita berdemokrasi tentu ada perbedaan pilihan dan itu sah-sah saja,”kata Ronny Wahyono, Jumat (17/9/2021) di Pacitan.

Politisi Partai Demokrat ini membetulkan dirinya belum menerima surat. Namun, kata dia, surat tersebut sudah diterima oleh pimpinan rapat pemilihan Sekretaris komisi IV.

“Surat itu sudah di terima oleh pimpinan DPRD dan dibacakan di depan anggota komisi IV, setelah itu disepakati karena quorum, maka rapat dapat mengambil keputusan,”papar Ronny.

Baca juga: Rapat Paripurna DPRD Pacitan Diwarnai Aksi Walk Out Politisi Nasdem

Saat pemilihan, kata dia, sudah ada 8 anggota sehingga sudah quorum dan rapat dilanjutkan pemilihan Sekretaris Komisi IV DPRD Pacitan, yang saat itu ada dua calon, yakni Heru Puspo dari Partai Demokrat dan Budi Sarwono dari Partai Golkar.

“Ketika rapat quorum 8 dari 12 orang ya dilanjutkan, dan mohon maaf apabila belum bisa mengakomodir semua pendapat,”tandasnya.

Ronny menyakini jika pimpinan DPRD memiliki keadilan yang sama dalam menentukan sekertaris komisi IV. “Kami semua di pimpinan DPRD ini kolektif kolegial, sehingga saat itu saya di komisi II dan pimpinan lain memimpin di komisi IV,”ujar dia.

Ronny menjelaskan masa jabatan Sekretaris Komisi IV yang sempat menjadi polemic berujung aksi walk out politisi Nasdem tersebut hanya 2,5 tahun.

“Bapak Lancur Susanto terpilih menjadi ketua komisi II dan pak Budi Sarwono terpilih menjadi sekretaris komisi IV, dan itu hanya sampai 26 Februari 2022 atau hanya 2,5 tahun, dihitung sejak pelantikan yaitu sejak Agustus 2019, lalu setelah itu masa jabatan 2,5 tahun mulai Februari 2022 sampai Agustus 2024,”pungkasnya.

Sebelumnya dalam rapat paripurna pembahasan Raperda APBD 2021 sempat di warnai aksi WO dari salah satu anggota dewan, yakni Hariawan dari Partai Nasdem. Hariawan mengaku tidak puas terhadap mekanisme pemilihan Sekretaris Komisi IV DPRD Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan