Pacitan Mulai Gunakan Genose untuk Uji Deteksi Corona

oleh -Dibaca 420 kali
Bupati, ketua DPRD, Kapolres dan Dandim Pacitan saat launching Genose di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Genose C19 mulai dipakai sebagai alternatif pemeriksaan kesehatan pencegahan COVID-19 di Kabupaten Pacitan. Penggunaan itu secara resmi diluncurkan dalam launching pada Senin (8/3/2021) di gedung Graha Bhayangkara Polres Pacitan.

Genose didatangkan Polres Pacitan sebagai bentuk upaya menekan laju penyebaran COVID-19 di Pacitan.

Selanjutnya Polres Pacitan menyerahkan ratusan kantong Genose dan seperangkat mesin pendeteksi kepada Pemkab melalui Dinas Kesehatan Pacitan.

“Terimakasih, yang pertama terimakasih kepada Kapolres yang punya gagasan untuk membantu rakyat kabupaten pacitan dengan penyerahan genose ini kepada Pemda untuk kepentingan rakyat kaitannya memutus mata rantai COVID-19 melalui tracing dan testing,”kata Bupati Pacitan Indartato.

Sebagai informasi, Genose merupakan produk inovasi berbasis riset berupa hidung elektronik pendeteksi Volatile Organic Compound dalam napas manusia. Dikembangkan tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dipimpin Prof Kuwat Triyana, produk ini mendapat izin edar Kemenkes pada Desember 2020.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan setelah alat Genose diserahkan ke Pemkab, pemeliharaan selanjutnya diserahkan kepada Pemkab Pacitan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Setelah diserahkan, pemeliharaannya ke pemkab. Disamping ditaruh di puskesmas, diletakkan di dinkes. Ya untuk masyarakat semuanya supaya perekonomian nanti pulih,”ujarnya.

Dalam kesempatan launching Genose tersebut, Bupati Pacitan Indartato bersama Forkopimda dan para perwira Polri menjadi yang pertama mencoba dengan hasil negatif COVID-19.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.