Bupati Pacitan: Mohon Kesadarannya Mengikuti Vaksinasi

oleh -Dibaca 308 kali
VAKSINASI. Bupati Pacitan didampingi Plt Kadinkes saat menerima kedatangan vaksin di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato meminta masyarakat untuk mengikuti vaksinasi pencegahan terhadap coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Hal itu diungkapkan Indartato saat ditemui awak media di sela menerima kedatangan vaksin sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pada Selasa (26/1/2021) malam.

Menurut Indartato, vaksin ini sudah melalui beberapa proses, mendapatkan serifkat halal MUI dan sertifikasi BPOM. Negara menjamin keamanan dan kehalalan vaksin COVID-19 dari Sinovac ini.

“Harapan kami sesuai petunjuk pemerintah dan MUI yang menetapkan halal dan aman, saya mohon kesadaran semuanya untukmengikuti vaksinasi ini supaya kita terhindar dari COVID-19,”kata Indartato.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan kondisi saat ini di Pacitan masih terus bertambah jumlah warga yang terpapar COVID-19. Atas kondisi itu, dia meminta masyarakat sadar untuk mengikuti vaksinasi.

“Sehingga mata rantai penyebaran COVID-19 bisa kita putus, yang sama-sama kita tahu di Kabupaten Pacitan semakin hari semakin banyak yang terpapar, oleh karena itulah protokol kesehatan dilakukan bersama dan pemerintah memberikan vaksin serta 3 T nya,”pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Pacitan sendiri akan melakukan vaksinasi COVID-19 perdana di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pacitan di Desa Mentoro pada Sabtu (30/1/2021) mendatang.

Sebanyak 2.400 vaksin vial tahap pertama untuk Pacitan sudah datang dan akan diperuntukkan ke 1.200 sasaran.

Pelaksanaan vaksinasi di Pacitan sendiri terbagi menjadi 4 tahap, dimana tahap pertama bulan Januari hingga April 2021 dengan sasaran petugas kesehatan, petugas pendukung layanan kesehatan dan termasuk petugas tracing.

Kemudian tahap ke-2 bulan Januari hingga April 2021 dengan sasaran petugas pelayanan publik seperti TNI, POLRI, Satpol PP, tokoh agama, tokoh masyarakat, guru, pelaku ekonomi seperti pedagang pasar .

Selanjutnya tahap ke-3 bulan April 2021 hingga Maret 2022 dengan sasaran masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi. Sedangkan tahap ke-4 akan dilaksanakan bulan April 2021 hingga Maret 2022 dengan sasaran masyarakat dan pelaku ekonomi.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.