Legislator Minta Satgas Siapkan Skema Antisipasi Penuhnya Kapasitas Wisma Atlet Pacitan

oleh -10170 views
SIDAK. Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ririn Subianti saat sidak ke wisma atlet beberapa waktu lalu. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ririn Subianti berharap gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan menyiapkan skema untuk mengantisipasi semakin penuhnya kapasitas wisma atlet Pacitan.

“Kita sebenarnya menunggu terkait kebijakan satuan tugas COVID-19 Pacitan seperti apa, apalagi akhir-akhir ini kasus positif COVID-19 di Pacitan juga meningkat,”kata Ririn saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Selasa (26/1/2021) malam.

Perempuan yang juga legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pacitan itu mengusulkan sejumlah alternatif kebijakan seandainya wisma atlet penuh seiring masih terus bertambahnya pasien positif COVID-19 di Pacitan.

“Kalau wisma atlet dipaksakan untuk menambah kuota pasien, tentu akan menimbulkan masalah baru, jika belum ada tempat alternatif untuk isolasi maka gugus tugas harus segera menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi pasien,”jelasnya.

Namun demikian, disisi lain, Ririn berharap jika ada kesiapan tempat isolasi, GTPP juga harus mempertimbangkan juga dengan menerapkan kebijakan edukasi bagi pasien yang isolasi mandiri di rumah.

“Ya, memang langkah yang mungkin dilakukan harus dibarengi beberapa langkah kebijakan sehingga pasien yang isolasi dirumah dapat benar-benar memahami isolasi mandiri dari rumah itu seperti apa harus bagaimana,”pungkasnya.

Sebagai informasi, angka paparan kasus positif COVID-19 di Pacitan kembali bertambah. Pada Selasa (26/1/2021), kasus terkonfirmasi sebanyak 61 orang, angka kesembuhan bertambah 24 orang dan meninggal dunia 1 orang.

Dengan masih ada penambahan itu, kini total angka kasus COVID-19 di Pacitan sejak diumumkannya kasus pertama pada Kamis (9/4/2020) lalu berjumlah 1.571 orang, dimana 370 diantaranya merupakan kasus aktif yang masih dirawat baik di wisma atlet dan di Rumah Sakit (RS).

Sedangkan total angka kesembuhan COVID-19 di Pacitan sejumlah 1.161 dan total angka kematian sejumlah 40.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan