Warga Pacitan yang Isoman Dihimbau Selalu Taati Prokes

oleh -10226 views
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Selasa (7/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemerintah Kabupaten Pacitan mengimbau warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) atau karantina mandiri untuk selalu menaati protokol kesehatan dan menjalankan masa isolasi mandiri dengan baik.

“Dan bagi yang disarankan isolasi mandiri untuk dijalankan dengan baik, selalu jalani prokes dengan penuh rasa tanggung jawab,”kata juru bicara GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, Selasa (2/2/2021) sore di Pacitan.

Baca juga: Januari 2021, Pacitan Catatkan Rekor Tertinggi Kasus Corona

Tak hanya itu, Rachmad juga mengimbau bagi masyarakat yang sedang menunggu hasil swab untuk menjalankan karantina.

“Termasuk yang sedang menunggu hasil swab juga agar menjalankan karantina mandiri dengan baik,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Lebih lanjut, Rachmad mengungkapkan secara umum, masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.” Tetap disiplin jalani protokol kesehatan. Dan jalani 3 M serta jauhi kerumunan,”tukasnya.

Selain itu, Rachmad mengatakan hingga Selasa (2/2/2021) Kembali terjadi penambahan jumlah pasien positif COVID-19 di Pacitan.

“Masih terjadi penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Pacitan sebanyak 40 orang. Syukur alhamdulillah menurun bila dibandingkan (Senin, red) kemarin. Dan penambahan kesembuhan sebanyak 43 orang. Mohon maaf (Selasa, red) hari ini masih terjadi 1 kematian,”jelas Rachmad.

Rachmad merinci, jumlah pasien positif COVID-19 tersebut masih didominasi dari Kecamatan Pacitan. “Rincian penambahannya dari Arjosari 6, Donorojo 2, Sudimoro 3, Kebonagung 1, Pacitan 20, pringkuku 4, Tulakan 1, Ngadirojo 1, Punung 1,”pungkasnya.

Alhasil, sejak pertama kasus COVID-19 di Pacitan yakni April 2020, akumulasi kasus COVID-19 di Pacitan menjadi 1.882 orang.

Kemudian total angka kesembuhan 1.407 orang, pasien aktif dipantau 429 dengan rincian 401 pasien dirawat di wisma atlet dan 28 dirawat di Rumah Sakit (RS). Kemudian catatan satgas juga menyebutkan total angka kematian COVID-19 sebanyak 46 orang.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan