Kasus Corona di Pacitan Tinggi, GTPP Terjunkan Petugas Optimalisasi Penerapan Prokes dan Gelar Rapid Test Massal

oleh -10214 views
Bupati Pacitan Indartato saat menerjunkan tim optimalisasi penerapan protokol kesehatan pada Jumat (22/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kasus paparan coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan masih cukup tinggi. Terbaru pada Jumat (22/1/2021), angka penambahan harian per Jumat ini mencapai 51 kasus positif.

“Dengan rincian Kecamatan Pacitan 49 orang, Kecamatan Sudimoro 1 orang dan Arjosari 1 orang, Kesembuhan bertambah 19 orang dan meninggal 1 orang, tetap disiplin menjalankan  protokol kesehatan utamanya 3 M dan jauhi kerumunan,”kata juru bicara tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto.

Dengan masih ada penambahan pasien COVID-19 itu, kini total angka kasus COVID-19 di Pacitan sejak diumumkannya kasus pertama pada Kamis (9/4/2020) lalu berjumlah 1.345 orang, dimana 299 diantaranya merupakan kasus aktif yang masih dirawat baik di wisma atlet sebanyak 261 pasien dan di Rumah Sakit (RS) 38 pasien.

Sedangkan total angka kesembuhan COVID-19 di Pacitan sejumlah 1.010 dan total angka kematian sejumlah 36.

Sementara, GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan sendiri terus mengoptimalkan segala cara untuk mencegah semakin tingginya angka paparan COVID-19 di Pacitan.

Terbaru, pada Jumat (22/1/2021), sebanyak 156 petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP serta Perangkat Darrah terkait diterjunkan untuk memberikan sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat.

Tim optimalisasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 tersebut diberangkatkan Bupati Pacitan Indartato langsung dari halaman Pendopo Kabupaten Jumat (22/01) siang.

“Atas nama pemerintah saya ucapkan terimakasih khususnya kepada Bapak Kapolres dan Bapak Dandim yang telah menginisiasi kegiatan ini,”kata Indartato, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Tim optimalisasi penerapan protokol kesehatan COVID-19  akan bertugas melakukan sosialisasi di 26  lokasi yang sudah ditentukan. Titik-titik lokasi tersebut merupakan tempat yang memiliki potensi besar  terjadi kerumunan.

“Seperti diketahui penularan COVID-19 di Pacitan masih tinggi dan langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran,”terang Plt Kasatpol PP Sugeng Widodo yang juga panitia penyelenggara kegiatan.

Menurut Sugeng Widodo, petugas gabungan akan bekerja 24 jam. Mereka terbagi menjadi dua shift jam kerja siang dan malam.

Setiap tim akan melaporkan perkembangan situasi dan kondisi berkala ke petugas pengolah data di command center Diskominfo, Kodim 0801 dan Polres Pacitan. Dengan upaya ini diharapkan penyebaran dan penularan COVID-19 di Pacitan dapat ditekan.

Selain menerjunkan tim tersebut, pada Sabtu (23/1/2021) Gugus Tugas juga akan melakukan rapid test massal kepada pedagang di Pasar Minulyo Pacitan sebagai salah satu upaya penanganan penyebaran COVID-19 di pasar terbesar di Pacitan itu.