Tahap Pertama, Pacitan Dapat Jatah 2.400 Vaksin COVID-19 untuk 1.200 Sasaran

oleh -10112 views
Plt Kadinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka mengecek kedatangan vaksin COVID-19 di Pacitan, Selasa (26/1/2021). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan sebanyak 1.200 sasaran di Pacitan akan disuntik vaksin pada tahap pertama vaksinasi coronavirus disease 2019 (COVID-19) .

“Kita sudah ada daftar manifest penerima vaksinnya ada 1.200 orang, dan kita menerima 2.400 vaksin itu penyuntikannya dua kali ke 1.200 sasaran tersebut, penyuntikan tahap pertama nanti akan launching di Puskesmas Pacitan di Desa Mentoro dan ditindaklanjuti di Puskesmas lainnya,”kata pria yang akrab disapa dr Hendra ini, kepada awak media pada Selasa (26/1/2021) di Pacitan.

Lebih lanjut, dr Hendra mengatakan untuk mempersiapkan tahapan vaksinasi tersebut, pihaknya sudah menyiapkan tim vaksinasi yang akan disiapkan di 24 pos, baik di Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Semua ini ada latihannya, (tim Dinkes, red) ditraining dari Provinsi, dan kita siapkan semuanya di 24 pos, di Puskesmas dan 2 Rumah Sakit Umum di Pacitan,”tandas pria yang belum genap sepekan menjabat sebagai Plt Kadinkes Pacitan ini.

Secara karakteristik vaksin, dr Hendra mengatakan pihaknya mensyukuri Pacitan menerima vaksin jenis sinovac yang mudah dalam hal perawatannya.

“Untuk vaksin COVID-19 ini khusus ini tidak boleh campur dengan yang lainnya, untuk suhunya 2,8 celcius, dan ini mudah perawatannya,”ujarnya.

 Untuk diketahui, pendistribusian vaksin jenis sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk Pacitan telah dilaksanakan pada Selasa (26/1/2021).

Proses penjemputan vaksin tersebut dilakukan di perbatasan Pacitan-Ponorogo dengan pengawalan ketat dari jajaran TNI dan Polri. Vaksin COVID-19 kemudian tiba di Pacitan Selasa sore sekitar pukul 18.00 WIB dan diterima langsung oleh komandan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Indartato.

Pelaksana harian (Plh) Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Susilo Ari Wardani selaku tim pengantar vaksin COVID-19 ke Pacitan menjelaskan pada Selasa petang proses pengantaran vaksin COVID-19 tersebut dilakukan di lima kota. Di Kabupaten Pacitan sendiri, total 2.400 vaksin untuk penyuntikan tahap pertama telah sampai.

“Jadi kami berangkat dari gudang farmasi provinsi satu truk ini ke lima daerah hari ini, yakni ke Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek dan terakhir ke Kabupaten Pacitan dengan tetap menjaga stabilitas mutu vaksin,dimana suhunya terjaga di kisaran 2,8 celcius, di mobil kita pantau, disini kita pantau dan di gudang kita pantau,”jelas Susi.

Secara khusus, Susi mengatakan perjalanan dari Kota Surabaya ke Pacitan berjalan dengan lancar. Dirinya pun berharap vaksin tersebut segera disuntikkan kepada tenaga kesehatan pada tahapan pertama.

“Tadi berangkat dari Surabaya pukul 10.30 WIB dibantu dengan teman-teman Polda, dan tahap pertama bisa segera disuntikkan ke tenaga Kesehatan untuk perlindungan sebagai garda terdepan,nanti teman-temandinas Kesehatan yang menindaklanjuti,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan