Pasien Positif Corona di Pacitan Tambah Lima, Case Recovery Rate Turun Jadi 79,1 Persen

oleh -13248 views
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Kamis (9/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan kembali mengumumkan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Tak tanggung-tanggung, pada Sabtu (15/8/2020), GTPP COVID-19 mengumumkan adanya lima penambahan pasien terkonfirmasi positif baru.

“Lima pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut rinciannya yang pertama dari Desa Tanjungpuro, Kecamatan Ngadirojo, berjenis kelamin perempuan dan ada riwayat perjalanan dari Kota Surabaya,”kata juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto kepada Pacitanku.com, Sabtu sore.

Baca juga: Tambah Lagi Pasien Corona di Pacitan yang Sembuh, Prosentase Kesembuhan Capai 85,5 Persen

Untuk penambahan pasien kedua, ketiga dan keempat yang diumumkan, memrupakan pasien terkonfirmasi positif dari Desa Arjowinangun, Pacitan.

“Ketiganya (pasien nomor 2-4, red) masih ada hubungan  keluarga dari pasien konfirmasi nomor 56 yang dari Arjowinangun,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Sementara, untuk satu pasien lagi, Rachmad menuturkan berasal dari Desa Wonodadi Kulon, Kecamatan Ngadirojo. “(Pasien, red) ini juga ada riwayat perjalanan dan kasus import,”ujar dia.

Dengan penambahan lima pasien terkonfirmasi positif COVID-19, Rachmad mengatakan, total kasus terkonfirmasi menjadi 67 orang.

“Rinciannya, yang sembuh 53 orang, yang dirawat menjadi 12 orang, yang dirawat tersebut dengan rincian di wisma atlet 11 orang, dan di RS swasta yogyakarta 1 orang,”ujarnya lagi.

Hasil positif ini, imbuh Rachmad, merupakan hasil dari 51 swab yang telah dilakukan oleh tim tracing.

“Dan ini merupakan pengembangan tracing dan testing dari penderita dan riwayat kontak dengan penderita maupun keluarganya,”tukasnya.

Dengan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif tersebut, prosentase kesembuhan pasien atau case recovery rate (CRR) COVID-19 di Pacitan yang sempat naik pada Rabu lalu di angka 85,5 persen, kini kembali turun dengan prosentase 79,1 persen.

Dengan data ini, Pacitan belum bisa masuk ke zona hijau corona karena masih berada di zona kuning.

“Dengan hasil tersebut diharapkan masyarakat untuk selalu mentaati dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Utamanya 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak ketika berinteraksi sosial, dan selalu jauhi kerumunan,”pungkas Rachmad.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Pesan Jubir GTPP: Laksanakan 3M Cegah Virus