Dispendukcapil Pacitan akan Tambah Satu Unit ADM untuk Permudah Layanan Adminduk

oleh -13145 views
MESIN ADM. Gubernur Khofifah, Mendagri dan Menkopolhukam saat launching mesin ADM di Surabaya, Jumat malam. (Foto: Dok Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pacitan, berencana menambah satu lagi anjungan dukcapil mandiri (ADM). Sebab dengan ketersediaan alat tersebut, akan lebih mempermudah pelayanan ke masyarakat.

Kepala Dispendukcapil Pacitan, Supardianto mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan kegiatan pengadaan ADM ke tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

Soal harga, tidak begitu mahal, namun dari sisi fungsi sangat membatu masyarakat dalam mendapatkan administrasi kependudukan yang lebih mudah dan cepat.

“Harganya sekitar Rp 150 juta sampai Rp 200 juta. Jadi APBD masih sangat mampu kalau seandainya membeli satu alat lagi. Kami berharap TAPD bisa menyetujui usulan kami. Sehingga kedepannya, pelayanan akan lebih mudah dan cepat,” jelas mantan Kepala Satpol-PP ini, Selasa (28/7/2020).

Sementara itu sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa Pemkab Pacitan menerima bantuan ADM dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Bantuan ADM tersebut diserahkan secara simbolis kepada Sekretaris Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supardi Putra baru-baru ini.

Alat tersebut sedianya akan dipasang ditempat umum seperti layaknya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik lembaga perbankan. Hanya saja, soal lokasi masih menunggu petunjuk dari Bupati Pacitan Indartato.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan