Pacitan Segera Luncurkan ADM Percepat Layanan Administrasi Kependudukan

oleh -13137 views
MESIN ADM. Gubernur Khofifah, Mendagri dan Menkopolhukam saat launching mesin ADM di Surabaya, Jumat malam. (Foto: Dok Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan segera meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Mandiri untuk mempercepat layanan administrasi kependudukan di wilayah Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Dispendukcapil Pacitan Usulkan Pengadaan ADM Percepat Layanan Adminduk

Sekretaris Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro mengatakan, dengan adanya ADM tersebut, tentu pelayanan adminduk akan lebih mudah.

“Alat sudah kami bawa ke Pacitan, soal teknis pelaksanaannya sepenuhnya menjadi kewenangan Dispendukcapil,”katanya, Senin (27/7/2020).

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Pacitan, Supardianto menjelaskan, dengan tersedianya ADM, tentu semua pelayanan adminduk akan semakin mudah dan cepat. Baik itu kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, KIA dan sebagainya akan bisa dilayani dengan mesin anjungan tersebut.

“Yang jelas, semua pelayanan adminduk akan semakin mudah dan cepat,” tuturnya secara terpisah.

Menurut Supardianto, mesin ADM tersebut diterima bersamaan dengan 19 kabupaten/kota lain di Jatim. Saat ini, lanjut dia, ADM sudah berada di Dispendukcapil Pacitan.

“Soal pengoperasiannya, kita masih akan melakukan bimbingan teknis kepada operator. Selain itu, soal penempatan mesin masih akan kita mintakan petunjuk ke bupati. Yang jelas dalam waktu dekat ini sudah bisa beroperasi,”tegasnya.

Baca juga: Jadi Provinsi Percontohan, Cetak Dokumen Kependudukan di Jatim Kian Mudah Lewat ADM

Diketahui, inovasi pelayanan tersebut sejalan dengan anjuran Kementerian Dalam Negeri untuk mendigitalisasi administrasi kependudukan serta memberi pelayanan cepat.

Dengan begitu masyarakat dapat mencetak dokumen kependudukan, seperti KTP, KK, akta kelahiran, akta kematian dan lainnya dalam waktu tidak lebih dari satu setengah menit, sesuai dengan “QR Code” yang sudah diregistrasi oleh kantor dukcapil di wilayah kabupaten/kota masing-masing.

Masing-masing mesin ADM di tiap kabupaten/kota bisa terkoneksi maka akan menjadi pintu masuk data yang terintegrasi se- Indonesia.

Selain untuk pelayanan administrasi kependudukan, ke depan mesin ADM ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai referensi input data bantuan sosial, pencari kerja, serta pencatatan mobilitas penduduk yang berada di luar daerah dan luar negeri.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan