Pantai Klayar Resmi Dibuka di Masa Simulasi, Sementara Khusus untuk Wisatawan Lokal

oleh -13808 views
KLAYAR DIBUKA. Obyek wisata Pantai Klayar dibuka pada masa simulasi per Senin 27 Juli 2020 setelah mendapatkan sertifikat AKB. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Obyek wisata unggulan di Pacitan, Pantai Klayar akhirnya resmi dibuka di masa simulasi adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Pembukaan ini diresmikan setelah Bupati Pacitan Indartato menyerahkan sertifikat AKB dan rekomendasi fase simulasi destinasi wisata pada Senin (27/7/2020) di kawasan wisata Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Baca juga: Sertifikat Diserahkan, Wisata Beiji Park Masuki Tahap Simulasi

Selain Pantai Klayar, dua obyek wisata yang dikelola Pemkab lainnya, yakni Pantai Watukarung di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan juga mendapatkan rekomendasi pembukaan fase simulasi.

Namun demikian, pada masa simulasi ini, Pemerintah setempat masih membatasi kunjungan hanya diperuntukkan untuk wisatawan lokal Pacitan.

“Pemerintah berusaha ekonomi dapat berjalan tapi kesehatan tetap terjaga, untuk itu semua harus mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan,”kata Bupati Indartato, saat menyaksikan penyerahan Sertifikat AKB dan rekomendasi fase simulasi destinasi wisata untuk obyek wisata Pantai Klayar, Pantai Watukarung dan Pantai Pancer Dorr di Pantai Klayar Donorojo, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Baca juga: Setelah Beiji Park, Giliran Parai Teleng Ria Mendapat Sertifikat New Normal

Indartato berharap, dengan dimulainya fase semulasi ini perekonomian Pacitan akan menggeliat terutama sektor pariwisata. Adaptasi kebiasaan baru (AKB) harus dilaksanakan sebaik baiknya agar Ratusan pelaku pariwisata di Pacitan dapat kembali beraktifitas normal.

Sementara, menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Tengku Andi Faliandra, keberhasilan fase simulasi sangat penting menuju tahap berikutnya yakni uji coba. Protokol kesehatan wajib dipatuhi oleh pengelola, pelaku serta pengunjung wisata.              

Saat ini, di Kabupaten Pacitan memiliki 19 obyek wisata , dimana Sembilan diantaranya dikelola pemerintah daerah dan sisanya dikelola pemerintah desa dan swasta.

Baca juga: Pantai Pidakan, Soge dan Watu Bale Dibuka untuk Wisatawan Lokal Pacitan

Dari 19 obyek wisata tersebut delapan diantaranya sudah mengantongi sertifikat AKB dan memasuki fase simulasi. Obyek wisata tersebut adalah Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, kemudian Parai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Kemudian Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo. Dan juga Pantai Klayar di Desa Sendang kecamatan Donorojo, Pantai Watukarung di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Pacitan.

Editor: Dwi Purnawan
Sumber: Humas Pemkab Pacitan