Sertifikat Diserahkan, Wisata Beiji Park Masuki Tahap Simulasi

oleh -13229 views
Gugus tugas menyerahkan sertifikat new normal Beiji Park Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Wisata alam Beji Park yang terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, telah siap melaksanakan simulasi ditengah pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Baca juga: Obyek Wisata Beiji Park Bersiap Kembali Buka Saat New Normal

Hal itu ditandai dengan diserahkannya sertifikat new normal untuk wisata alam oleh Bupati Pacitan, Indartato kepada pihak pengelola wisata, Senin (6/7/2020).

“Wisata alam Beji Park siap untuk dilakukan simulasi wisata yang pertama kali bagi destinasi wisata di Pacitan,” ujar jubir tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Rachmad mengharapkan, langkah tersebut, bisa diikuti oleh destinasi wisata yang lainnya.

“Ini sebagai langkah untuk membuka akses ekonomi agar kesejahteraan para pegawai serta masyarakat yang terlibat dalam wisata,” jelasnya.

Namun begitu, lanjut dia, protokol kesehatan secara ketat dan disiplin harus dilaksanakan.

“Agar dapat terpenuhinya syarat kebersihan, kesehatan, keamanan dan keselamatan. Hal ini guna mencegah terjadinya penularan covid 19 di Pacitan,” tuturnya.

Sebelumnya, obyek wisata yang terletak di tepi jalur utama Pacitan-Solo itu telah melakukan serangkaian tahap menuju masa simulasi setelah masa penutupan selama tiga bulan.

Baca juga: Healthy Tourism Jadi Jargon Baru New Normal Pariwisata Pacitan

Pengelola setempat telah menyiapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di wisata alam yang dikenal dengan sejumlah wahananya tersebut.

Sebagaimana surat edaran Bupati Pacitan nomor 440/255/408.35/2020 tentang panduan teknis protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum pada tatanan kenormalan baru sektor pariwisata, gugus tugas membagi tahapan pembukaan usaha pariwisata menjadi tahap pra simulasi, simulasi selama maksimal 1 bulan dan tahap uji coba sampai dengan Senin (30/11/2020) mendatang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Ini Tahapan Pembukaan Pariwisata Pacitan Masa New Normal