Healthy Tourism Jadi Jargon Baru New Normal Pariwisata Pacitan

oleh -13159 views
Kadisparpora Pacitan saat mengecek sosialiasasi sektor pariwisata di Beiji Park, beberapa waktu lalu. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan memiliki jargon baru pada masa tatanan normal baru atau new normal di sektor pariwisata.

Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Jumat (3/7/2020) di Pacitan mengatakan dalam menyiapkan tempat wisata membuat jargon baru yang mengusung kegembiraan dan kesehatan dengan nama healthy tourism.

“Sekarang pada saat sebelum pandemi, datang ke pariwisata bergembira bersenang-senang, namun saat ini ditengah pandemi COVID-19, orang selain senang tapi juga melihat dia sehat di tempat wisata,”kata pria yang akrab disapa Andi ini.

Lebih lanjut, pada tahapan masa pra simulasi yang saat ini sedang berjalan, tiap destinasi sedang mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut kembali wisatawan.

“Jadi apa yang kita tampilkan kedepan itu sehat terhadap semuanya. Termasuk juga para wisatawannya. Sehingga ketika new normal nanti semua selain senang, juga sehat,”tandas Andi.

Andi mengatakan, beberapa protokol kesehatan yang wajib dijalankan di tempat wisata di masa pembukaan nanti adalah penerapan standar pencegahan COVID-19.

Baca juga: Dinilai Hampir Siap, Tiga Obyek Wisata di Pacitan Menuju Tahapan Simulasi

Di masa pra simulasi ini, Andi mengatakan pihaknya dan pengelola tempat wisata ingin meyakinkan pada masyarakat tentang jaminan kesehatan pada tempat wisata.

“Jadi nanti ada pemeriksaan suhu tubuh, apabila melebihi batas kenormalan ya kita karantina, wajib pakai masker, serta adanya tempat cuci tangan,”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga daerah tujuan wisata (DTW) di Pacitan dimungkinkan bakal melakukan tahapan simulasi. Sebab mereka sudah dinyatakan siap 90 persen dari sisi kesehatan, keselamatan, dan kebersihan kawasan.

Ketiga DTW yang dikelola swasta dan Pemerintah Desa (Pemdes) tersebut adalah wisata bukit Sentono Genthong di Desa Dadapan Pringkuku. Kemudian Pantai Pidakan di Desa Jetak Kecamatan Tulakan dan Beiji Park di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku. Selain tiga DTW tersebut, sembilan DTW yang dikelola Pemkab masih perlu kajian-kajian.

Baca juga: Kadisparpora Dorong Kesiapan Standar Kesehatan Tempat Wisata di Pacitan

Sebagaimana surat edaran Bupati Pacitan nomor 440/255/408.35/2020 tentang panduan teknis protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum pada tatanan kenormalan baru sektor pariwisata, gugus tugas membagi tahapan pembukaan usaha pariwisata menjadi tahap pra simulasi, simulasi selama maksimal 1 bulan dan tahap uji coba sampai dengan Senin (30/11/2020) mendatang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan