Ini Alasan Relawan Prof Sudijono Lakukan Sosialisasi Pilbup dengan “Politik Kopi”

oleh -13219 views

Pacitanku.com, PACITAN – Bicara politik, tak lepas dari kopi. Mengapa begitu? Politik tanpa kopi, ibarat panggang tanpa api.

Kopi seakan memberikan inspirasi pagi penikmatnya. Meski hitam, namun tak selamanya kotor.

“Kopi bisa menjadi sebuah inspirasi setiap orang yang menyeruputnya. Memang warnanya hitam pekat. Namun saat dihidangkan aromanya begitu kental dan membuat pikiran yang semula pekat, menjadi encer lalu mudah untuk melakukan sesuatu kebaikan,”ujar Muhamad Rofiqin, tim relawan pemenangan bakal calon bupati Profesor Sudijono Sastroatmojo, saat melakukan ngopi keliling dengan sebuah pickup yang dimodif menjadi angkringan kopi berjalan, Senin (27/7/2020).

Karena itulah, kata pria yang akrab disapa Mamad ini, Prof Sudijono dalam melakukan sosialisasi, tak pernah lepas dari ngopi.

“Sebab dengan ngopi, persahabatan akan lebih terjalin indah dan pikiran akan semakin terbuka dalam menatap hari esok yang lebih cerah,”tandasnya.

Menurut dia, menyapa masyarakat dengan beragam karakter, tak harus dengan pendekatan-pendekatan formal.

Namun perlu adanya inovasi agar mereka semakin mudah untuk memahami maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi.

“Mereka kita ajak cangkrukan, ngopi bareng, ngobrol sana-sini, tentu akan terjalin keakraban. Sebab pada prinsipnya, menjadi pemimpin di daerah harus lebih mengenal masyarakat dan dikenal masyarakat. Nah, dengan ngopi bareng inilah akan lebih mudah menyampaikan maksud. Tanpa berbelit namun mereka paham dan lebih dekat dengan calon pemimpinnya kelak,” jelas mantan Ketua KNPI Kabupaten Pacitan ini.

Pada kesempatan tersebut, Mamad mengajak ke seluruh lapisan masyarakat, untuk mau bergabung dan ngopi bareng dengan sang guru, yakni Prof Sudijono.

“Beliau asli Pacitan, dan ingin mengabdi untuk Pacitan. Bukan untuk mbathi. Masyarakat harus sehat, unggul dan sejahtera (Sutera) sebagaimana jargon beliau,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan